Darmanelly: Ajarkan Anak Supaya Cerdas Gunakan IT

Ponticity

Editor sutan Dibaca : 665

Darmanelly: Ajarkan Anak Supaya Cerdas Gunakan IT
GRAFIS (SUARA PEMRED/ MEGA)
PONTIANAK, SP- Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (BPMPAKB) Kota Pontianak, Darmanelly meminta orangtua lebih waspada. Jangan sampai memberi celah yang bisa dimanfaatkan orang tidak bertanggungjawab.  

“Sekarang ini kan teknologi informasi sudah dalam genggaman. Ajarkan anak-anak supaya cerdas dalam menggunakan IT. Karena IT itu ibarat pisau, bisa digunakan untuk kebaikan, bisa digunakan untuk kejahatan,” kata Darmanelly.  

Menurutnya, banyak kebaikan diperoleh dari perkembangan IT, bukan hanya informasi, kemajuan zaman bisa mempermudah anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Namun tak bisa dipungkiri, banyak oknum memanfaatkan IT untuk kejahatan.  

“Kita harus informasikan pada orangtua, awasi anak-anak menggunakan IT, bertemanlah dengan yang dikenal, jangan mudah terpedaya orang yang tidak dikenal,” ujarnya.  

Darmanelly mencontohkan, pernah mendapatkan kasus, yakni hubungan asmara atau pacaran. Anak tersebut mengaku galau, lalu dimanfaatkan orang-orang membuat empati.  
 

“Lalu ketemuan dan terjadi hubungan badan. Itu yang tidak kita inginkan. Saya ingatkan lagi kepada adik-adik, jangan unggah isi hati, rumah kita atau di mana kita berada,” ungkapnya.  

Para orangtua, juga diminta mengawasi anak, menjemput pulang sekolah. Jika terlambat menjemput, pesankan pada anak untuk menunggu di tempat aman. Jangan di tepi jalan. Lebih baik di dalam sekolah agar mendapat pengawasan dari guru.  

“Kita semua perhatian kepada anak-anak, karena anak-anak adalah generasi penerus dan harapan kita jadi lebih baik,” tutupnya.  (bls/and)