Kadis PU: Kota Pontianak Dapat Rp 10 Miliar

Ponticity

Editor sutan Dibaca : 902

Kadis PU:  Kota Pontianak Dapat Rp 10 Miliar
GAJAH MADA- Suasana di Jalan Gajah Mada, Kota Pontianak, terlihat plang bertulisan GM Coffee Street. (SP/ Yodi)
PONTIANAK, SP – Jalan Gajah Mada, Kota Pontianak akan dijadikan kawasan pedestrian yang representative. Hingga kini, pemkot sudah menggelontorkan dana Rp1 miliar untuk pembangunan tahap awal.  Rencananya, pada 2017 mendatang, pemerintah pusat akan memberikan bantuan Rp10 miliar untuk penataan trotoar kawasan itu.

“Saat Konreg di Makassar sudah diputuskan mendapat  Rp 10 miliar tahun depan. Mudah-mudahan tidak ada perubahan,” kata Ismail,  Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Pontianak. 

Dia menyebutkan, rencana ini dimasukkan dalam kegiatan rencana tata bangunan dan lingkungan (RTBL).  “Sebenarnya yang sudah dikerjakan tahun ini hanya untuk memancing anggaran dari pusat. Jadi pusat sudah melihat Pemkot berbuat,” ujar Ismail. 

Menurutnya, jalan itu sudah dikenal sebagai kawasan coffe street dengan  beragam kuliner lainnya. Dan sudah berdiri kurang lebih 12 hotel.  Bahkan bisa dibilang  sebagai beranda kota. “Tanggal 21 nanti akan dipertajam lagi di Jakarta. Mereka mengundang kita untuk menyampaikan rencana, rancangan dan desain pada penataan kawasan Gajah Mada,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan penataan tahap awal memang telah dimulai dari simpang Jalan Agus Salim. Nantinya sepanjang jalan hingga Pasar Flamboyan akan ditata. Termasuk ruas kiri dan kanan.   Konsepnya kawasan ramah pejalan kaki dengan ornamen khas. Akan dilengkapi tenda khusus seperti di luar negeri. Namun dengan tetap mempertahankan bagnunan heritage sepanjang jalan.

“Bangunan belakang itu kawasan heritage, bangunan tua, dan masyarakat mau bekerja sama menata itu sehingga ini kerja sama antara pemerintah dan masyarakat,” ungkapnya.

Ismail menyebutkan total perkiraan anggaran yang akan dihabiskan sekitar Rp 27 miliar. Jumlahnya dirasa akan berkurang sedikit,  lantaran berdasarkan hasil pertemuan dengan pihak hotel sepanjang jalan, mereka bersedia berkontribusi dengan menata sendiri lahan di depan hotel. (bls)