Senin, 23 September 2019


Digagalkan, Pengiriman 1.300 Ekor Burung Kacer Asal Kalbar Tujuan Jateng

Editor:

Soetana Hasby

    |     Pembaca: 1298
Digagalkan, Pengiriman 1.300 Ekor Burung Kacer Asal Kalbar Tujuan Jateng

DIAMANKAN - KP3L Pelabuhan Dwikora bersama BKSDA Kalbar mengamankan 1.300 ekor burung Kacer, dan 400 ekor Jalak Kebo dari Pelabuhan Dwikora, Rabu (21/12) pagi. (SP/Umar Faruq)

PONTIANAK, SP - Kepolisian Sektor Kesatuan Pelaksana Pengamanan (KP3L)  Pelabuhan Dwikora bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat, berhasil mengamankan 1.300 ekor burung  Kacer, dan 400 ekor Jalak Kebo, yang akan dibawa ke Semarang, Jawa Tengah, melalui Pelabuhan Dwikora, Rabu (21/12) pagi. Seluruh burung masukkan ke wadah keranjang.

"Ada di Kapal Dharma Feri II tujuan Semarang," ujar Kapolsek KP3L Dwikora, AKP Agus Hasanudin.

Dikatakannya, pengungkapan itu setelah pihak KP3L Dwikora menerima laporan. Bersama BKSDA, Polsek KP3L Dwikora kemudian melakukan patroli. Didapati pengiriman burung-burung tersebut, tanpa dokumen yang jelas.

"Setelah dicek, hanya ada surat dari karantina. Sedangkan untuk surat dari BKSDA belum ada, sehingga kita lakukan pengamanan dulu bersama BKSDA," katanya.

Selain menyita burung ‘berkicau’ itu, polisi juga mengamankan M, diketahui orang yang diminta untuk mengirim burung-burung itu ke Semarang.

"Untuk sementara, yang membawa tadi hanya orang yang diserahkan. Jadi dia tidak tahu menahu ini didapat dari mana dan lain sebagainya. Dia hanya dititipi burung ini, untuk dibawa ke Semarang," jelas Agus.

"Untuk pemilik langsung belum ada datang. Kita belum tahu, karena dari KTP kita belum tahu dia tinggalnya di mana, apakah orang sini atau orang Jawa," lanjutnya.

Saat ini, barang bukti telah diamankan oleh pihak BKSDA Kalbar. "Selanjutnya kita serahkan ke BKSDA Kalimantan Barat," tuturnya. (umr)

Baca Juga:
Oesman Sapta Pimpin Hanura, Pengurus Kubu Raya Optimis di Pemilu 2019
Tahun 2017, Pemkab Bengkayang Bangun Gedung Uji KIR  

Warga Ketapang Resah Aksi Pemalakan di Meting