Langganan SP 2

Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polresta Pontianak Kerahkan Ribuan Personil

Ponticity

Editor sutan Dibaca : 400

Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polresta Pontianak Kerahkan Ribuan Personil
Pasukan Pengamanan. (SP/Yodi)
PONTIANAK, SP – Polresta Pontianak akan menerjunkan 1.286 personelnya,  guna mengamankan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 mendatang. Polisi tak segan menindak tegas kelompok-kelompok intoleran yang dianggap mengganggu ketertiban hari besar keagamaan tersebut.  

“Saya akan tindak tegas, kalau ada kelompok yang melakukan penjarahan, pengrusakan, penyerangan. Itu bukan kelompok yang bersahabat,” tegas Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Iwan Imam Susilo kepada Suara Pemred.  

Kapolresta mengungkapkan  rapat koordinasi lintas sektoral beberapa waktu lalu dan pembicaraan sebelumnya dengan berbagai elemen masyarakat, semua sepakat bahwa Pontianak damai dan mendukung terwujudnya keamanan.
  Sedikitnya terdapat 67 gereja di Pontianak dan 46 gereja di Kabupaten Kubu Raya akan mendapat pengamanan ketat.  

“Gereja yang besar memang kita khawatirkan terdapat kerawanan-kerawanan, kita lakukan strerilisasi, termasuk juga kita lakukan chek door. Jangan sampai ada masuk barang berbahaya saat peribadatan sehingga mengganggu perayaan Natal,” ujarnya.
 

Iwan menyebutkan jumlah personel yang diturunkan merupakan 2 per 3 dari kekuatan yang ada. Sedikitnya 966 personel Polresta akan didukung kurang lebih 170 personel dari Polda Kalbar. "Jika dibutuhkan, masih ada 150 pasukan cadangan yang siap diterjunkan," ujarnya.  

Kapolresta juga mengungkapkan peta titik rawan tidak hanya berada di tempat yang besar dan ramai. Lokasi-lokasi yang berdekatan dengan titik tersebut, juga memungkinkan pecah konflik. Pelakunya pun tidak harus jaringan kelompok teroris.

"Bisa saja konflik terjadi lantaran kejadian sebelumnya. Sebagaimana keributan-keributan yang terjadi di Singkawang beberapa waktu lalu," tandasnya.  (bls/and)