Langganan SP 2

Program Kotaku Utamakan Kawasan Pemukiman Kumuh Parit Nanas

Ponticity

Editor Soetana hasby Dibaca : 478

Program Kotaku Utamakan Kawasan Pemukiman Kumuh Parit Nanas
Ilustrasi (SP)
PONTIANAK, SP –  Pemerintah Kota Pontianak dengan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) untuk men-zero-kan pemukiman kumuh kota. Program ini merespon penetapan Kota Pontianak masuk dalam 40 kota prioritas percepatan penanganan kawasan kumuh di Indonesia.

Konsultan program Kotaku, Agus Sarwoko mengatakan, langkah yang telah dilakukan bersama Pemkot Pontianak, mereview dokumen wilayah kumuh kota.

"Tim Kotaku membantu untuk melakukan review dokumen rencana kawasan dan lingkungan kumuh untuk dinaikan jadi rencana pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh perkotaan Kota Pontianak," ujar Agus.

BERITA TERKAIT:
Pemukiman Kumuh di Kota Pontianak Seluas 66 Hektar


Setelah dilakukan review, kata Agus, maka diidentifikasi kawasan pemukiman kumuh. Berdasarkan SK Wali Kota, jelas Agus, didapatlah kawasan kumuh prioritas adalah Parit Nanas, Siantan Hulu.

Untuk pembenahan di Parit Nanas, meliputi penataan tepian air, perbaikan jalan dan pembuatan taman lingkungan serta penataan dan relokasi beberapa bangunan atas air.

Tim program Kotaku akan berkonsultasi dengan pemerintah daerah dalam rencana relokasi  16 rumah warga.

 “Anggaran untuk Kotaku dalam pembenahan Parit Nanas dari DIPA provinsi Rp 1,19 miliar, dan skala lingkungan ada Rp 300 juta,” pungkas Agus, Jumat (23/12) kemarin.

Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyebutkan program terbaru Pemkot Pontianak dalam penataan kawasan pemukiman kumuh kota, Kota Tanpa Kumuh. “ Yang terbaru ini, Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), yang ingin membuat nol persen wilayah kumuh,”  tegas Edi. (bls/and)

Baca Juga:
Oesman Sapta: Hanura Mulai Jadi Partai Besar 

Muscab PPP Singkawang Bahas Suksesi Pilwako 2017

Malam Ini, Kapolda Kalbar Tinjau Pengamanan Natal