Kapolda: TKA China di PT WHWAR Bukan Ribuan

Ponticity

Editor Soetana hasby Dibaca : 990

Kapolda: TKA China di PT WHWAR Bukan Ribuan
KLARIFIKASI - Kapolda Kalbar Irjen Pol Musyafak mengklarifikasi isu ribuan tenaga kerja asing (TKA) asal China di PT Well Harvest Winning Alumina Refinery di Ketapang. (SP/Umar Faruq)
PONTIANAK, SP – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Irjen Pol Musyafak menegaskan jumlah tenaga kerja asing (TKA) asal negara China di PT.  Well Harvest Winning Alumina Refinery (PT. WHWAR) di Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, bukan ribuan.

Dikatakan Musyafak, dirinya diperintahkan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk mengecek kebenaran jumlah TKA China di Kalimantan Barat. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menerima informasi terdapat 21 ribu TKA China di Indonesia.

"Saya ada tiga hari di Kayong Utara meresmikan Polres, lalu saya melakukan kunjungan kerja ke Ketapang. Termasuk mengecek (informasi TKA) itu,” kata Kapolda.

BERITA TERKAIT:
Ini Jumlah TKA Asal China Versi Disnakertrans Kalbar 
Soal Tenaga Kerja Asing, DPRD Ketapang Bakal Sidak PT WHWAR 

Hasil dari pengecekan itu, Kapolda menyatakan, di perusahaan tersebut hanya mempekerjakan TKA ratusan.

“Khusus untuk tenaga kerja asing dari RRC di PT WHW, itu hanya 234,” ungkap Kapolda.

Dari peninjauan langsung, Musyafak mendapatkan informasi operasional perusahaan tersebut sedang dihentikan. “Karena pemborongnya sendiri sudah tidak ada di situ," tegas Musyafak kepada wartawan, Jumat (30/12) kemarin.

Musyafak berharap media memberikan informasi yang benar.

"Saya harapkan rekan-rekan wartawan meluruskan berita ini. Pak Kapolri memerintahkan Propam Polri  untuk mengecek kebenaran (infomasi jumlah TKA) itu,” imbuh Kapolda. (umr)

Baca Juga:
Polda: Malam Pergantian Tahun di Kalbar Aman
Musibah Awal 2017, Kapal Feri Zahro Expres Terbakar, 23 Orang Meninggal
Malam Tahun Baru, Padang Diteror Bom