Anggaran Penataan Kota Baru di Pontianak Mencapai Rp 4,6 Triliun

Ponticity

Editor sutan Dibaca : 1182

Anggaran Penataan Kota Baru di Pontianak Mencapai Rp 4,6 Triliun
Jembatan Tol Kapuas di Kota Pontianak. (Dok. SP)
PONTIANAK, SP- Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak, Ismail menjelaskan, jembatan Paralel Landak merupakan bagian dari penataan Kota Pontianak sebagai kota baru oleh Kementerian PU-PR. Anggaran totalnya mencapai Rp 4,6 triliun.

"Kota baru itu termasuk juga Jembatan Kapuas I paralel, water front, trotoar Jalan Gajah Mada dan penataan jalan antara Jembatan Kapuas 1 dan Jembatan Landak," katanya.  

Rencananya, jika dari arah jembatan Kapuas 1, jembatan Pararel Landak akan dibangun di sisi kiri jembatan lama. Pembebasan lahan juga akan dilakukan di sisi kiri jalur tersebut.  

Jalan Sultan Hamid II akan dilebarkan menjadi dua jalur dengan empat lajur. Parit di sisi kiri dan kanan pun tetap dipertahankan.    

"Satu lajurnya 3,5 meter, akan cukup dengan melebarkan kiri dan kanan jalan yang sudah ada sekarang, masing-masing 3,5 meter. Berem atau bagian kanan kiri jalannya hanya sampai parit," jelasnya.   

Ismail mengungkapkan kabar baik yang bukan hanya kepastian pembangunan Jembatan Pararel Landak, tapi juga Jembatan Pararel Kapuas 1.   Pasalnya,  Feasibility Study (FS), Detail Engineering Design (DED) dan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) akan dibuat tahun ini.  

"Ini juga sudah diprogramkan di BAPPEDA, dari hasil rapat di Jakarta sudah disepakati Kapuas 1 bakal jadi paralel juga," pungkasnya. (bls/and)