991 Pejabat Pemprov Kalbar Dilantik, 63 Pejabat Nonjob

Ponticity

Editor Soetana hasby Dibaca : 1192

991 Pejabat Pemprov Kalbar Dilantik, 63 Pejabat Nonjob
Ilustrasi
PONTIANAK, SP - Sebanyak 991 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, diambil sumpahnya oleh Gubernur Kalbar, Cornelis, pada acara sumpah jabatan di Halaman Kantor Gubernur Kalbar, Jalan Ahmad Yani, Pontianak,  Senin (16/1) pagi.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalbar mengimbau, aparatur sipil negara (ASN)  senantiasa menjalankan amanat yang diemban.

"Saya tidak nuntut macam-macam, saya minta bekerja dengan baik, sesuai undang-undang dan peraturan," ujar gubernur.

Tak jarang, setelah seseorang mendapatkan jabatan di pemerintahan, lalu merasa dirinya dekat dengan kepala daerah, kemudian membawa-bawa nama kepala daerah.

Maka dari itu, Cornelis menegaskan agar pejabat di lingkungan Pemprov Kalbar tidak mencatut namanya demi kepentingan pribadi.

"Jangan jual nama gubernur, tipu sana, tipu sini. Rampok sana, rampok sini," katanya.

Selain pengambilan sumpah jabatan, Pemprov Kalbar juga melakukan perampingan struktur birokrasi. Alhasil, sebanyak 63 pejabat berstatus nonjob atau tidak memiliki jabatan.

"63 orang ini dievaluasi kemudian. Yang masuk masa pensiun, telah kita usulkan ke Pusat, dan ada juga yang tidak mendapatkan tempat," jelas Kepala BKD Kalbar, Moses Tabah.

Terkait perampingan struktur birokrasi, katanya, terjadi di tingkat biro. "Kalau dulu biro-biro empat bagian,sekarang tinggal tiga," imbuh Moses. (umr)