Senin, 23 September 2019


Akhir Bulan Ini, CCTV Center Pontianak Beroperasi

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1827
Akhir Bulan Ini, CCTV Center Pontianak Beroperasi

Ilustrasi

PONTIANAK, SP – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak, Uray Indra Mulya mengatakan Pontianak Command Center (PCC) atau Pusat Komando Kota Pontianak  sudah 90 persen rampung dan ditargetkan akhir Januari 2017 selesai dikerjakan.  

"Kini tinggal mengintregasikan beberapa aplikasi pendukung seperti pelayanan publik, catatan sipil dan lainnya. Beberapa CCTV sudah berfungsi termasuk juga pemantauan di masing-masing perempatan,” katanya.  

Uray menyebutkan di Kota Pontianak sudah terdapat 30 buah CCTV. Penambahannya masih akan terus dilakukan. Namun Dia tak bisa menyebut angka pasti jumlah yang dibutuhkan.  Pihaknya akan mengutamakan tiap sudut kota dan kantor yang berhubungan dengan pelayanan publik sebagai prioritas awal.
 

“Untuk kebutuhan kita lagi menghitung, karena ini terus berkembang. Misalnya ada tempat yang awalnya aman atau tidak rawan tak perlu CCTV, tapi tiba-tiba tidak aman maka harus dipasang. Jadi jika jumlah agak sulit menentukan, masih didata,” ungkap Uray, mantan Kepala Bapedda Pontianak ini.  

Uray mengaku hingga kini masih belum ditetapkan nama pasti pusat komando ini. Pihaknya masih mencari nama yang pas disesuaikan dengan lokalitas Pontianak.   Nantinya, selain pengawasan dengan CCTV, pelayanan publik secara daring akan terpusat di ruang komando di samping ruang Wali Kota Pontianak.  

Bila sudah beroperasi, aktivitasnya akan terus hingga 24 jam sehari. Petugasnya bekerja secara bergantian. Hal ini lantaran semua pengaduan masyarakat akan terima kapan pun laporan dimasukkan. Laporan tersebut kemudian diteruskan ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).  

“Kota Pontianak hanya akan punya satu web dan kemudian setiap OPD wajib menggunakan itu. Semua harus menggunakan web yang sudah kita siapkan dan gunakan,” pungkasnya. (bls/and)
 

Baca Juga:
Perlu Dukungan Pemkab Jadikan Desa Nanga Raun sebagai Desa Wisata
Kantor Camat Sekadau Hilir Disatroni Maling
Ketapang Masih Berpotensi Hujan Deras dan Angin Kencang