Senin, 23 September 2019


Wacana Tugu Kuntilanak, Kartius: Saya Sudah Punya Desainnya

Editor:

Soetana Hasby

    |     Pembaca: 1988
Wacana Tugu Kuntilanak, Kartius: Saya Sudah Punya Desainnya

Ilustrasi

PONTIANAK, SP – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Pemprov Kalimantan Barat, Kartius mengaku sudah memiliki desain Tugu Kuntilanak. Tugu tersebut, diwacanakan akan menjadi ikon Kota Pontianak, untuk menarik wisatawan dan menambah destinasi di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat.

"Saya belum pernah lihat Kuntilanak, tapi saya sudah punya desain. Cantik barang itu," ungkap Kartius kepada wartawan, saat menghadiri peresmian Gedung Kejati Kalbar, Selasa (24/1).

Kala memberikan keterangan kepada wartawan, tampak Wali Kota Pontianak, Sutarmidji berada di samping Kartius.

BERITA TERKAIT:
Polemik Tugu Kuntilanak, Ini Kata Pemerhati Sejarah 

Kartius bersikukuh idenya membangun Tugu Kuntilanak berlatar belakang pariwisata. Menurutnya, di Kota Pontianak tempat  wisata belum begitu banyak dibanding kabupaten dan kota lain di Provinsi Kalimantan Barat. Maka, katanya, ide  membangun Tugu Kuntilanak adalah untuk menambah destinasi wisata, guna menjadi kebanggaan.

"Di Pontianak, mana yang kita banggakan, coba,” tutur Kartius.

Dijabarkannya, Tugu Kuntilanak memiliki menara setinggi 100 meter, yang terbuat dari perunggu. "Bukan Kuntilanaknya seratus meter, itu sepo. Tapi menaranya," tegas Kartius.

Kartius optimis bila tugu ini dibangun, kelak akan menjadi salah satu pemasukan bagi pendapatan daerah. "Saya pernah lihat di suatu negara, (naik ke menara) bayar 200 ribu lebih. Padahal tidak ada apa-apa. Tapi mau tahu ndak, ribuan orang antri," kata dia.

Menanggapi keterangan Kartius, Wali Kota Pontianak Sutarmidji berminat melihat desain Tugu Kuntilanak.

"Nanti, Pak Kartius kasihkan gambarnya dengan saya. Siapa tahu kayak Sofia Latjuba, kan," kata Sutarmidji diselingi tawa. (umr)

Baca Juga:
Mekanisme Uji Ulang Kompetensi Tenaga Honorer Masih Dibahas
Dewan KKR Usul Bangun Tugu Ikon di Bundaran Kodam
Karhutla di Kubu Raya, Pangdam Perintahkan Tangkap Pelaku