Dari 107 SMP Hanya 11 SMP Didaftarkan UN Berbasis Komputer

Ponticity

Editor Soetana hasby Dibaca : 1651

Dari 107 SMP Hanya 11 SMP Didaftarkan UN Berbasis Komputer
Ilustrasi
PONTIANAK, SP – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak hanya mendaftarkan  11 sekolah menengah pertama (SMP) yang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Mei 2017 mendatang. Sedangkan SMP lainnya, akan mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidik dan Kebudayaan Pemkot Pontianak,  Paryono menyebutkan jumlah SMP di Kota Pontianak 107 sekolah. Dia menampik alasan ketidaksiapan SMP lainnya mengikuti UNBK.

Dikatakan Paryono, kebijakan yang belum final, pergantian menteri, dan perubahan kebijakan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, seperti dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 13. Penghapusan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),  sehingga pihak sekolah tidak lagi menganggarkan peningkatan komputer.

Hal tersebut turut mempengaruhi.

"Sampai sekarang sosialisasi dari pusat masih belum ada berkaitan dengan UN ini. Kita cuma dapat Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional 2016/2017 dari Badan Standar Nasional Pendidikan. Jadi kita hanya menerjemahkan, sesuai kemampuan kita," ujar Paryono, Selasa (31/1).

Dia mengungkapkan, semula harapannya 107 SMP dapat mengikuti UNBK, dengan jumlah peserta UN, 11.307 siswa.

Sebab, kata Paryono, UNBK akan menghasilkan nilai murni dan meminimalisir kecurangan. Namun, sarana di sekolah-sekolah masih belum memadai.

Ke 11 SMP yang telah didaftarkan melalui aplikasi, langsung keluar hasil pendaftaran siswa yang bisa mengikuti UNBK, yakni ada 1.758 siswa. Sedangkan 9.549 siswa lain akan mengikuti ujian secara tertulis.

"Tapi surat penetapan secara resmi akan dikeluarkan pusat," kata Paryono. (bls)

Baca Juga:
Pemetaan Tapal Batas Desa di Kabupaten Sambas Cegah Konflik
PT LAP dan PT MP Komitmen Cegah Karhutla 2017
Ini Syarat dan Tahapan Uji Ulang Tenaga Honorer Pemkab Ketapang