Senin, 23 September 2019


DPRD Dorong Pemprov Kalbar Turun Tangan Atasi Tuntutan DOB

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 808
DPRD Dorong Pemprov Kalbar Turun Tangan Atasi  Tuntutan DOB

Ilustrasi

PONTIANAK, SP - Anggota DPRD Kalbar, Dapil Kabupaten Melawi-Sintang, Suyanto Tanjung mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar turun tangan mengatasi permasalahan ini.  

"Karena masalah ini menyangkut dua kabupaten, Pemprov Kalbar harus turun tangan mengatasi masalah ini," kata Suyanto.
 


Menurutnya, kekecewaan warga Ambalau-Serawai ingin bergabung ke Kabupaten Sintang, lantaran kurang mendapat perhatian pembangunan dari pemerintah.   Misalnya, masalah infrastruktur jalan yang menghubungkan dua kabupaten, jelas kewenangannya ada di provinsi. Di sini sebenarnya letak permasalahan, kenapa masalah tapal batas dua kabupaten lambat selesai.  

"Kita sangat menyayangkan sekali. Pemerintah pusat sedang fokus pada program pembangunan jalan dan jembatan di daerah, tapi Pemprov seolah kurang serius memperhatikan daerah minim infrastruktur," bebernya.

Sementara itu, Bupati Melawi Panji menyatakan siap menerima Kecamatan Ambalau dan Serawai bergabung dengan Kabupaten Melawi, bila tujuannya untuk membuka keterisolasian daerah tersebut.


“Tanpa ditutupi, saya siap menerima dua kecamatan ini bergabung dengan kami,“ kata Panji.

Menanggapi hal ini, Bupati Sintang, Jarot Winarno menyatakan, Nawacita ketiga pemerintahan Jokowi-JK, hingga kini memang belum menyentuh masyarakat Kecamatan Serawai dan Ambalau di Kabupaten Sintang.

Misalnya, membangun infrastruktur dasar seperti jalan. Jika ini sudah terpenuhi, daerah, sebenarnya tidak butuh keterlibatan masyarakat luar untuk memajukan daerah. Satu di antaranya meminta dukungan dari pusat.

"Ambalau ini kecamatan terbesar di Sintang. Luasnya sembilan kali lipat pulau Singapura dan sembilan kali lipat DKI, tapi sampai sekarang belum tersentuh pembangunan," kata Jarot. (nan/eko/umr/loh)
 

Baca Juga:
Dugaan Pelanggaran Pemilu, Ini Komentar Jurkam Paslon Wali Kota Singkawang 
Sidang Perdana, Presiden SOT Mempawah Dikenakan TPPU
Begini Trik Aparat Polres Sambas Ringkus Pengedar Narkoba