Soal Genangan Air, Edi Kamtono: 34 Rumah di Parit Tokaya Direlokasi

Ponticity

Editor sutan Dibaca : 912

Soal Genangan Air, Edi Kamtono:  34 Rumah di Parit Tokaya Direlokasi
Ilustrasi Parit (SP/Ist)
PONTIANAK, SP – Sebanyak 34 rumah yang berdiri di sepanjang aliran Parit Tokaya akan direlokasi. Keberadaan rumah yang berdiri di saluran primer itu mengganggu arus air ke Sungai Kapuas. Akibatnya, ketika terjadi genangan, air surut dalam waktu yang cukup lama.  

“34 rumah kita sosialisasi, pertengahan atau akhir tahun sudah harus bisa direlokasi. Karena sudah berada di badan parit. Kalau tidak, masalah genangan tidak akan selesai. Wali kota juga perintahkan April sudah dikerjakan. Dan saya yakin bisa kalau dilakukan serius,” kata Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Rabu (22/2).  

Edi menyebutkan selain 34 rumah itu, ada pula 118 bangunan lain yang sebagian luasannya masuk ke parit. Pemkot Pontianak menginginkan sepanjang aliran Parit Tokaya bersih dari bangunan dan tidak menghambat aliran.  
  Di wilayah Pontianak Selatan, Kota dan Tenggara, setidaknya ada 7 saluran primer yang harus lancar agar tidak kembali terjadi genangan.  

“Mereka nanti akan ditawarkan untuk sewa rumah atau pindah ke Rumah Susun di Harapan Jaya yang akhir tahun ini selesai,” kata Edi.  

Selain normalisasi parit, sejumlah turunan juga mesti ditinggikan untuk mengatasi genangan. Sumbatan pipa PLN dan Telkom juga akan segera dibersihkan.  

"Permasalahan di Parit Tokaya juga ada pada kawasan Purnama yang miskin resapan. Banyak perumahan tumbuh di sana," pungkasnya.  

Sementara itu, Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengatakan untuk Parit Tokaya, ada penurapan senilai Rp15 miliar dari pusat. Ditargetkan semua akan selesai satu sampai dua tahun ke depan.

Sutarmidji menerangkan pusat telah menjanjikan pada 2018 akan memberi perhatian khusus pada tujuh saluran primer yang selama ini tidak diperhatikan pusat.  

“Saluran primer itu tanggung jawab pusat. Kita hanya sekunder dan tersier. Sekunder dan tersier ini dalam kondisi yang relatif baik,” katanya.  (bls/and)

Baca Juga:
Ini Bekal untuk Wali Kota Pontianak Periode Mendatang