Kirim Narkoba Lewat Pesawat Kargo ke Jakarta, Kapolda: Tergolong Modus Baru

Ponticity

Editor sutan Dibaca : 881

Kirim Narkoba Lewat Pesawat Kargo ke Jakarta, Kapolda: Tergolong Modus Baru
UJI KANDUNGAN - Kapoda Kalbar, Irjen Pol Musyafak, saat menyaksikan uji kandungan serta tes keaslian narkotika jenis sabu, oleh petugas BNN sebelum dilakukan pemusnahan, Kamis (23/2). (SP/ Abdul)
PONTIANAK, SP – Polda Kalbar memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu seberat  1,489 kilogram serta happy five sebanyak 3000 butir. Barang bukti tersebut merupakan  hasil pengungkapan kasus narkoba beberapa waktu lalu, dengan tersangka Iwan.  

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Musyafak mengungkapkan penyelundupan narkoba dalam kasus tersebut tergolong modus baru. Pelaku mencoba mengirimkan barang haram itu melalui pesawat kargo, tujuan Jakarta.   

"Petugas bandara waktu itu curiga dengan paket yang dikemas ke dalam kotak, lalu melapor ke polisi. Kemudian Subdit satu langsung bergerak menuju bandara, untuk bersama-sama membuka kotak itu,” katanya, Kamis (23/2).  

Setalah kotak itu dibuka, ternyata ditemukan 20 bungkusan yang dikemas dalam satu kotak besar, berisi tepung. Di dalamnya terdapat narkoba jenis sabu-sabu.  

Selanjutnya,  ujar  Musyafak, petugas langsung melakukan control delivery. Kemudian dilakukan pengembangan.
 

"Lalu ditangkaplah tersangka bernama Iwan di Jakarta. Menurut pengakuan tersangka, dia sudah dua kali disuruh mengirim narkoba," jelasnya.   

Musyafak menegaskan, saat ini  Kalbar sebagai wilayah yang paling rentan menjadi pintu masuk penyelundupan narkoba. Bahkan, pada Januari lalu pihak BNN juga berhasil menggagalkan penyelundupan 20 kg sabu. 
 

"Oleh sebab itu, saya kira persoalan narkoba di Kalbar menjadi persoalan yang harus disikapi secara serius," ujarnya.  

Dia memastikan narkoba jenis sabu yang masuk ke Kalbar hampir keseluruhannya dipasok dari negara Malaysia. (abd/and)

Baca Juga:
Kadisdikbud: Pelaksanaan Ujian SMA/SMK Terkendala Biaya 
Rizal: Jumlah Calon Kades Dibatasi
Soal Genangan Air, Edi Kamtono: 34 Rumah di Parit Tokaya Direlokasi