Cornelis Pastikan Gawai Berjalan Aman

Ponticity

Editor Kiwi Dibaca : 897

Cornelis Pastikan Gawai Berjalan Aman
GAWAI DAYAK – Pekan Gawai Dayak (PGD) ke-31 di Kota Pontianak, tahun lalu berjalan lancar. Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis menjamin PGD tahun ini yang digelar mulai, Sabtu (20/5) juga berjalan aman.
PONTIANAK, SP - Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis memastikan, pagelaran Gawai Dayak di Kota Pontianak tetap terlaksana meski telah tersebar adanya aksi yang bertepatan dengan kegiatan tersebut.  

"Gawai tetap jalan, tidak ada urusannya. Itu sudah agenda nasional, sudah agenda tetap," tegasnya kepada wartawan, usai membuka Rekerda Askonas Kalbar di Hotel G, Pontianak, Selasa (16/5).  

Terkait adanya aksi damai yang akan dilakukan kelompok tertentu bertepatan dengan pelaksanaan Gawai, Cornelis mempersilahkan itu dilaksanakan.  

"Soal aksi damai, itu hak masing-masing kok. Yang penting jangan mengganggu orang lain," kata Cornelis.  

Cornelis juga mempersilahkan kepada masyarakat yang ingin hadir pada acara Gawai. Dijelaskannya, bahwa kegiatan ini merupakan even masyarakat Kalbar secara keseluruhan.  

Berkenaan dengan isu terkait hal-hal yang tak diinginkan terjadi di saat acara, Cornelis memastikan itu tidak akan terjadi.  

"Bagi mereka yang mau turun, silahkan turun. Aman, tidak usah khawatir, negara ada. Isu-isu yang beredar di media sosial itukan hoax. Yang jelas, sebagai warga tenang saja, aman tentram. negara akan hadir," pungkasnya.
 

Pemerintah Hadir
 

Cornelis mengatakan, pemerintah pasti hadir dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) kapan dan di mana pun. Begitu juga dengan akan dilaksanakannya even Gawai Dayak, 20 Mei mendatang.  

Dia menegaskan, jika pemerintah setempat tidak mampu memberikan rasa aman kepada warganya, maka sama halnya pemerintah itu tidak menjalankan janji sebagai pemimpin daerah.  

"Di sini ada wali kota. Untuk apa wali kota kalau tidak bisa ngamankan daerahnya. Berhenti saja," ucapnya.
  Selain tanggung jawab Wali Kota Pontianak untuk memberikan rasa aman saat even Gawai, Cornelis menyebutkan, unsur pemerintah lainnya juga dipastikan ikut menjaga.  

"Ada Gubernur lagi, ada Kapolda lagi, ada Pangdam lagi, ada Jaksa Tinggi lagi, ada Angkatan Laut lagi, Angkatan Udara lagi, lengkap. Yang paling penting sekarang, bagaimana wali kota membina warganya, bisa nggak? Kalau saya, saya jamin Kalimantan Barat aman," tegas Cornelis. (umr/and)