Kontraktor Kalbar Diminta Profesional

Ponticity

Editor Kiwi Dibaca : 783

Kontraktor Kalbar Diminta Profesional
ilustrasi
PONTIANAK, SP – Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis meminta para kontraktor yang berada di Kalbar mampu bersaing dengan pelaku konstruksi dari daerah lain.  

"Mereka mampu bersaing dengan kelompok atau masyarakat (kontraktor) lain secara profesional," ujarnya, usai membuka acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) II Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) Kalbar, di Hotel G, Kota Pontianak, Selasa (16/5).  

Cornelis optimis, bila para kontraktor mau meningkat kemampuan dan pengetahuannya melalui manajemen organisasi yang baik, maka ke depan berbagai proyek konstruksi di Kalbar tidak lagi mendatangkan kontraktor dari luar.  

Dia mencontohkan, proyek pembangunan perumahan PT Sinar Mas yang menggunakan kontraktor dari Sumatera Utara.  

"Bagaimana caranya? Ya harus terorganisir. Dan memang manusianya harus cerdas, dan peralatannya juga harus ada. Bukan hanya pemborong yang membawa map," ucapnya.  

Dia menjelaskan, profesionalitas kontraktor hendaknya dibangun sejak terjun di dunia konstruksi. Hal terpenting lainnya, di sektor jasa ini kontraktor harus menjunjung tinggi kejujuran dalam bekerja.  

"Harus betul-betul menjadi kontraktor. Ada perencanaan, pengawas, konsultan perencanaan dan sebagainya. Jangan tipu-tipu. Kalau memang standarnya ini, ya pakailah itu," katanya.  

Secara nasional, Askonas didirikan tujuh tahun lalu. Di Kalbar, asosiasi ini telah aktif sekitar tiga setengah tahun.   

"Untuk sekelas nasional, asosiasi ini peringkat tiga se-Indonesia," ujar Ketua Umum Askonas Pusat Rahmatullah.  

Meski belum lama, Askonas Kalbar telah mendapatkan predikat baik dalam sektor bisnis jasa konstruksi. "Baru tiga tahun setengah, tapi di Kalbar sudah terverifikasi dan diakui di Indonesia," terangnya. (umr/and)