Kalbar Berpotensi Ekspor Beras

Ponticity

Editor Kiwi Dibaca : 678

Kalbar Berpotensi Ekspor Beras
ilustrasi
PONTIANAK, SP – Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura (Kadistan-TPH) Kalbar, Hazairin mengatakan, wacana ekspor beras dari Kalbar ke negara tetangga Malaysia, sangat berpotensi untuk direalisasikan.  

 "Itu kewenangan Kemendag (Kementerian Perdagangan) dan prinsipnya bisa," ujarnya, kemarin.  

Namun yang menjadi persoalan saat ini, terang Hazairin, belum bisa dipastikan siapa yang akan menjadi pihak pembeli itu sendiri. "Cuma pihak Malaysia bagaimana, kan begitu. Ya, pembelinya ini," ucapnya.  

Terkait izin, terang Hazairin, sudah ada dari Pemerintah Pusat. "Kayaknya sudah ada. Tinggal prosesnya itu kan, pembelinya bagaimana," katanya.  

Rencana ekspor beras ini, akan memanfaatkan beras dari Kabupaten Sambas yang setahunnya bisa memproduksi hingga 80 ribu ton.   Sebelumnya, Hazairin mengatakan, rencana ekspor tahap pertama akan dilakukan pada Oktober tahun ini. "Tahap awal ini 15 ribu (ton), jika ingin lebih juga bisa," ucapnya.  

Hazairin melanjutkan, rencananya perwakilan dari Malaysia akan datang ke Kalbar untuk memastikan beras yang mau dieskpor.  

 "Untuk melihat benar nggak berasnya ada dan sebagainya. Mereka akan datang nanti ke sini. Langsung dari Kementerian Pertanian Malaysia. Nah, kalau itu sudah oke, harga nanti cocok deal, ya jalan," tutur Hazairin. (umr/and)


Komentar