Ribuan Obor dan Keriang Bandong Sambut Ramadan

Ponticity

Editor Kiwi Dibaca : 561

Ribuan Obor dan Keriang Bandong Sambut Ramadan
Pawai Obor dan Keriang Bandong
PONTIANAK, SP - Menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1438 H, Aliansi Pergerakan Pemuda Islam (APPI) Kalimantan Barat akan menggelar pawai obor dan penyalaan keriang bandong atau lentera dari wadah dengan minyak tanah.  

Ketua panitia pelaksana, Heri Kurniawan mengatakan, pawai 1001 obor ini dijadwalkan pada Rabu (24/5) sekitar pukul 19.30-22.00 WIB. Sedangkan penyalaan 1001 keriang bandong pada Jumat sampai dengan Minggu.  

"Nanti pawai obor mulainya dari Masjid Raya Mujahidin, Jalan Ahmad Yani-Veteran-Gajah Mada-Gusti Sulung Lelanang-Ahmad Yani dan kembali ke Masjid Mujahidin," ujarnya saat konferensi pers, Selasa (23/5).  

Di samping untuk memeriahkan datangnya Ramadan, Heri menjelaskan, pawai ini juga sebagai bentuk gerakan cinta pada pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  

"Kita akan membuat barisan peserta pawai obor, di mana barisan tersebut akan membentuk tulisan besar yakni Islam NKRI. Kenapa Islam NKRI, karena Islam NKRI merupakan Islam yang ada di Indonesia. Islam yang cinta damai dan mengedepankan ukhuwah islamiyah," terangnya.  

Sekretaris panitia, Arie Saputra menambahkan, dalam kesempatan ini, APPI jug mengajak seluruh masyarakat Kota Pontianak untuk dapat ikut serta memeriahkan kegiatan ini.  

"Bagi yang ingin berpartisipasi, menggunakan kostum muslim sambil membawa obor yang terbuat dari bambu. Rombongan pawai ini diiringi alat musik rebana atau juga gendang sambil bersalawat," terangnya.  

Untuk penyalaan keriang bandong, akan dilakukan di sepanjang tepian Sungai Kapuas dan di sekitar pemukiman warga. “Jika ada wilayah atau kampung yang akan berpartisipasi dalam pemasangan, maka dapat berkoordinasi dengan pihak panitia selambat-lambatnya tanggal 3 Juni 2017," tutur Arie. (umr/and)