RSUD Soedarso Jadi Rujukan Nasional

Ponticity

Editor Kiwi Dibaca : 358

RSUD Soedarso Jadi Rujukan Nasional
RUJUKAN NASIONAL – Gedung Instalasi Rawat Jalan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Soedarso dari tampak depan, Rabu (7/6). RSUD ini, menjadi salah satu rumah sakit rujukan nasional yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. SUARA PEMRED/YODI RISMANA
PONTIANAK, SP - Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) dr Kuntjoro Adi Purjanto mengatakan, di Indonesia ada 14 rumah sakit rujukan nasional, empat di antaranya adalah rumah sakit daerah.  

"Salah satunya ada di Kalimantan Barat, RSUD dr Soedarso," sebutnya saat menghadiri pengesahan Pengurus Persi Kalbar di Hotel Harris Pontianak, Rabu (7/6).   Kalbar dinyatakan memiliki rumah sakit rujukan nasional, tentu membuat bangga. Namun, kata Kuntjoro, ini sekaligus pekerjaan rumah (PR) besar bersama untuk mengawal standar rumah sakit tersebut tetap dan atau lebih baik lagi.  

"Ini pekerjaan tidak mudah. PR besar bagi pemerintah daerah, PR besar kepala dinas untuk mengawal itu semuanya," terangnya.  

Sebagaimana diketahui Kuntjoro, RSUD dr Soedarso saat ini terus berbenah demi meningkatkan pelayanannya.   "Rumah sakit Soedarso ini berbenah terus. Karena apa, memang akan menjadi sentra rumah sakit di Kalimantan Barat," tuturnya.  

Tingkatkan Kualitas
 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Andi Jap mengatakan, Pemprov Kalbar terus berupaya meningkatkan kualitas standar pelayanan kesehatan yang ada, baik tingkat provinsi maupun daerah.  

Dia menyebutkan, dari 44 rumah sakit yang ada di Kalbar, baru 11 yang terakreditasi. Oleh karena itu, ke depan pemerintah terus meningkatkan baik akreditasi maupun standar pelayanan.  

Lebih lanjut dia menjelaskan, sesuai dengan target Kementerian Kesehatan, pada 2019 semua rumah sakit di Indonesia harus terakreditasi dan berstandar baik.  

"Di 2017 ini, target kita Kalbar 50 persen terakreditasi. Nanti di 2018, 2019 harus sudah 100 persen," tuturnya. (umr/and)