Otoritas Bandara Prediksi 13 Ribu Penumpang saat Idulfitri

Ponticity

Editor Kiwi Dibaca : 538

Otoritas Bandara Prediksi 13 Ribu Penumpang saat Idulfitri
KEDATANGAN – Suasana di depan pintu kedatangan penumpang domestik dan internasional, Bandara Supadio Pontianak, Kamis (8/6). Pihak otoritas bandara memprediksi jumlah penumpang saat Idulfitri mencapai 13 ribu orang. SUARA PEMRED/YODI RISMANA
PONTIANAK, SP – Operation and Services Manager PT Angkasa Pura II, Bandara Internasional Supadio Pontianak, Zulbrito Radikar, memprediksi penumpang yang melalui bandara tersebut jelang Idulfitri mencapai 13 ribu orang. “Sampai sekarang ini, jumlah penumpang yang sudah kita layani di bandara berkisar 8.500 penumpang,” katanya, Kamis (8/6). Untuk mengakomodir penumpang tersebut, pihaknya akan meminta maskapai pada H-Idulfitri untuk menyediakan extra flight. Beberapa maskapai tersebut yakni Sriwijaya Air rute Pontianak – Jakarta, NAM Air dan Express Air rute Pontianak – Yogjakarta. Di sisi lain, dalam persiapan Idulfitri, pihaknya juga tengah mempersiapkan sejumlah langkah untuk menghadapi meningkatnya arus mudik. Satu di antaranya adalah dengan menambah lapisan aspal landasan. “Tentu ada persiapan bandara untuk meningkatkan layanan saat arus puncak saat mudik Lebaran nanti. Kita menyiapkan semua peralatan termasuk baru saja menebalkan aspal landasan sehingga landasan kita sehat saat ini,” ujarnya. Selain itu, menurut Zulbrito, pihaknya juga akan membuka Posko Bersama yang fungsinya membantu dan memberikan rasa aman kepada pemudik atau pengguna jasa bandara.

"Di Posko Bersama akan bertugas di antaranya pejabat dan petugas bandara, Airnav Indonesia, anggota Lanud Supadio, Paskhas, Polsek Bandara, Kesehatan Pelabuhan dan juga Dinas Perhubunga provinsi dan pihak terkait lain," kata dia.

Dia menyebutkan saat ini sudah ada sejumlah maskapai mengajukan penerbangan tambahan. Hal itu menurutnya karena dipastikan akan ada sejumlah penambahan penumpang untuk arus mudik atau arus balik nantinya.

Sementara itu, District Manager Lion Group Pontianak, M Lukman Nurjaman menyebutkan, untuk tingkat keterisian penumpang di maskapai Lion Air dimulai tanggal 15 Juni 2017 mendatang.

"Untuk awal puasa low season penumpang. Namun mulai 15 Juni 2017 mendatang itu akan ramai. Persiapan kita untuk menghadapi arus mudik yang sibuk tentu dengan peningkatan layanan dengan maksimal," kata dia. (bls/ant/and)

Komentar