Bandara Tingkatkan Prasarana Jelang Lebaran

Ponticity

Editor Kiwi Dibaca : 173

Bandara Tingkatkan Prasarana Jelang Lebaran
TUKAR UANG – Warga di perbatasan Indonesia-Malaysia, di Entikong, Kabupaten Sanggau, menukar uang untuk keperluan Lebaran, beberapa waktu lalu. BI Kalbar mencatat penukaran uang sejauh ini telah mencapai Rp5 miliar. SUARA PEMRED/NOVA SARI
PONTIANAK, SP – Pihak Bandara Internasional Supadio Pontianak, memprediksi kenaikan penumpang jelang hari raya Idulfitri meningkat signifikan. Sejumlah persiapan pun turut sudah dilakukan baik sarana maupun sarana dalam upaya memberikan kenyamanan pada penumpang. "Kita sudah ada angkutan Lebaran mulai dari pertengahan Juni serta juga tersedia posko yang diprediksi 10-12 ribu penumpang per hari," ungkap, Ganeral Manager Angkasa Pura II Supadio Pontianak, Bayuh Iswantoro, kemarin.

Bayuh menjelaskan, pihaknya juga telah memperbaiki sarana fisik di Bandara Supadio Pontianak dengan beberapa penambahan. Hal ini dilakukan karena penerbangan dari masing-masing maskapai sudah banyak rute yang dilintasi.

"Apalagi dengan adanya penambahan AirAsia saat ini sudah mencapai 106 penerbangan. Sekarang harga tiket masih normal, tapi jelang hari raya nanti umumnya terjadi kenaikan," tuturnya.

Baru-baru ini, lanjut dia, terdapat penambahan rute internasional yakni Pontianak-Kuching oleh AirAsia yang sudah meluncurkannya beberapa waktu lalu. Bahkan, tambah dia, sekitar September nanti penambahan kembali dilakukan.

"Ke depan akan ada rute baru dari AirAsia rute Pontianak-Kuala Lumpur," sebutnya.

Sambungnya, dengan  sarana dan prasarananya yang mumpuni, banyak maskapai sudah melirik Bandara Supadio Pontianak untuk menambah rute dan armada. “Untuk rute internasional saja sudah ada Kuala Lumpur, Kuching,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kalbar, Kartius menegaskan, semakin banyaknya maskapai menambah armada maupun rute, akan semakin baik bagi perekonomian Kalbar dari berbagai lini termasuk dunia pariwisata.

“Dengan banyaknya maskapai yang membuka rute dari dan Ke Pontianak tentu sangat bagus khususnya untuk meningkatkan tourism kita di Kalbar ini,”sebutnya.

Dengan kata lain, kata Kartius, banyaknya rute dari serta menuju Pontianak ini dampaknya pada perkembangan kunjungan wisatawan ke Pontianak.

"Sebab akses sarana transportasinya yang sudah lebih mudah, sehingga baik Pontianak ataupun daerah yang akan dituju terjadi peningkatan kunjungan wisatawan," pungkasnya. (ova/and)