Siap Berangkat, 625 Calhaj Pontianak Diberi Vaksin

Ponticity

Editor hendra anglink Dibaca : 428

Siap Berangkat, 625 Calhaj Pontianak Diberi Vaksin
BERI VAKSIN - Salah seorang calon haji asal Pontianak diberikan vaksin oleh Dinas Kesehatan. (Bls/SP)
PONTIANAK, SP – Sedikitnya 625 calon jemaah haji asal Kota Pontianak, diberi vaksin meningitis dan dites kesehatannya oleh Dinas Kesehatan Kota Pontianak, di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Senin (10/7) pagi.

Kepala bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan Dinkes Pontianak, Saptiko menerangkan bahwa pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksi ini dilakukan bertahap sesuai jumlah calon jemaah. Pelaksanaannya akan berlangsung enam hari, mulai dari tanggal 10-15 Juli 2017.

"Kita hanya melakukan pemeriksaan lanjutan, sebetulnya sudah dilakukan pemeriksaan di tingkat Puskesmas. Ini hanya diberikan pada mereka yang menjadi calon jemaah haji reguler," katanya.

Para calon jemaah haji ini diberi imunisasi meningitis yang merupakan vaksin wajib bagi mereka. Imunisasi ini akan memberikan kekebalan jemaah terhadap penyakit meningitis, atau radang saraf otak. Tiap jemaah wajib diberi vaksin lantaran tanah suci Mekkah merupakan daerah dengan risiko tinggi terkena radang otak. 

"Jadi memang perlu kekebalan. Setelah tes kesehatan ini dan pemberian vaksin kita harapkan mereka membina kesehatannya sendiri, dimulai dari makanan hingga olahraga," terangnya.

Untuk urusan kesehatan, Saptiko menjabarkan ada beberapa kriteria calon jemaah haji yang keberangkatannya akan tertunda. Seperti misalnya ibu hamil yang tidak bisa diberikan vaksin, punya penyakit menular dan belum memiliki keterangan bahwa penyakitnya tidak menular lagi.  Beberapa kasus penyakit berat yang dapat menggangu ibadahnya dan orang lain. 

"Kalau hamil tidak boleh disuntik vaksin meningitis,  karena kontraindikasi yang bisa berpengaruh pada ibu dan janinnya," pungkasnya. (bls/and)