Cornelis Lantik Jakius Sinyor Ketua DAD Kalbar

Ponticity

Editor hendra anglink Dibaca : 953

Cornelis Lantik Jakius Sinyor Ketua DAD Kalbar
DILANTIK – Jakius Sinyor, resmi menjabat sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Barat, perioder 2017-2022. Pelantikan ini dilakukan langsung oleh Ketua Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Cornelis, Selasa (25/7). (Abd/SP)
PONTIANAK, SP – Ketua Majelis Adat Dayak Nasional, Corenelis melantik Jakius Sinyor beserta sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Barat beserta 225 biro kepengurusan DAD, tahun kepengurusan 2017-2022, di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Kalbar, Selasa (25/7).  

Dalam sambutannya, Cornelis mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada ketua dan pengurus DAD Kalbar yang baru saja dilantik.   "Pengurus yang dilantik ini saya ucapkan selamat dan sukses," kata Cornelis.  

Dalam kesempatan itu, Cornelis yang juga Gubernur Kalbar dua periode ini meminta agar pengurus DAD tahun 2017-2022 dapat mengorganisir masyarakat Dayak, untuk percepatan pembangunan. Dia pun berharap DAD dapat bekerja secara gotong royong.    "Dengan adanya DAD ini diharapakan tokoh masyarakat dan tokoh adat mau membina masyarakat Dayak untuk menjadi manusia yang cerdas dan pintar. Supaya tidak menjadi beban negara," katanya.   

Cornelis menegaskan, organisasi DAD, bukanlah organisasi yang berprinsip profit oriented, melainkan organisasi kemasyarakatan yang diharapkakan dapat bekerjasama dengan pemerintah dalam mengorganisir masyarakat untuk percepatan pembangunan.   "Mudahan-mudahan ketua yang baru ini bisa memanejemen program kerja berbasis modern," pintanya.  

Selain itu, dia menambahkan, organisasi DAD tidak boleh berafiliasi dengan partai politik. "Kalau mau berpolitik, ke partai saja," tutupnya. 

Ketua DAD Kalbar terpilih, Jakius Sinyor berkomitmen akan menjalankan oganisasi ini sesuai dengan aturan-aturan yang ada. Selain itu, kepala-kepala biro pengurus, harus dapat melaksanakan program kerja hingga lima tahun ke depan.  

"Dalam biro nanti tentu masing-masing memiliki program kerja yang juga akan bersinergi dengan program pemerintah. Tentu ini komitmen kota membantu pemerintah dalam melaksanakan percepatan pembangunan," katanya.  

Dia mengutarakan, akan turun ke seluruh kabupaten untuk berkonsolidasi. “Kita akan melihat masukan-masukan dari bawah hingga ke atas. Tentunya masukan-masukan ini yang akan menjadi dasar dalam penyusunan porgram kerja," terangnya.  

Dia menjelaskan, sturktur biro kepengurusan DAD tahun 2017-2022 bertambah dua devisi. Yakni Biro Perbatasan dan Biro Pencegahan Narkoba.    "Harapan saya, dalam kepengurusan DAD ini, baik unsur ketua, sekretaris, bendahara, kepala biro hingga para anggota bisa dapat bekerjasama," harapnya.  

Dia menjelaskan, jumlah pengurus DAD Kalbar tahun kepengurusan 2017-2022 berjumlah sebanyak 224 orang. "Itu sudah termasuk Dewan Kehormatan, para pakar, hingga pengurus harian. Sebagian besar pengurus DAD ini merupakan wajh-wajah baru," pungkasnya. (abd/and)