Penyelundupan TKI Ilegal Asal Lombok Digagalkan

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 697

Penyelundupan TKI Ilegal Asal Lombok Digagalkan
PENAMPUNGAN – TKI ilegal asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) saat ditampung di Shelter Dinas Sosial Kalbar, Senin (14/8). TKI ilegal berjumlah 16 orang ini ditangkap karena tak mengantongi dokumen resmi untuk bekerja di Malaysia. SP/Abdul
PONTIANAK, SP – Subdit IV, Direktorat Kriminal Umum Polda Kalbar, menggagalkan upaya penyelundupan TKI ilegal sebanyak 16 orang, di Jalan Trans Kalimantan, Kabupaten Kubu Raya, Minggu (13/8). 16 TKI ilegal tersebut berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Berdasarkan laporan dari pihak Ditkrimum, mereka semuanya tak berdokumen resmi. Namun tetap nekat masuk menjadi TKI untuk bekerja ke negeri jiran Malaysia, melalui jalur gelap. 

Penangkapan dilakukan ketika rombongan hendak melanjutkan perjalanan menuju perbatasan Entikong.

Satu di antara TKI ilegal, Zainal ditemui di Shelter Dinsos Kalbar berharap, pihak Dinsos tak buru-buru memulangkannya ke kampung halaman.

"Kita akan berusaha bertahan di sini sampai dapat pekerjaan. Kita berharap, supaya jangan dipulangkan dulu. Karena di kampung pun kita belum ada pekerjaan," jelasnya.

Zainal pun membenarkan rombongannya tersebut berasal dari Lombok. Dia mengakui, memang tak memiliki dokumen resmi sebagai syarat untuk menjadi TKI di negara Malaysia.

Sementara itu, pihak Dinsos belum memberikan keterangan resmin terkait persoalan ini. Ke-16 warga Lombok ini masih dalam pengawasan dan dititipkan ke Shelter Dinsos kalbar.

Terkait agen pembawa TKI ilegal ini, juga belum diketahui keberadaannya. (abd/and)