Wagub: Humas Pemerintahan Mesti Kreatif

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 417

Wagub: Humas Pemerintahan Mesti Kreatif
Ilustrasi
PONTIANAK, SP – Wakil Gubernur (Wagub) Kalbar, Christiandy Sanjaya meminta peran kehumasan mesti berubah seiring perkembangan teknologi. Dia berharap, humas di pemerintahan tak lagi sekadar memberi informasi satu arah.

"Melainkan harus menjadi jembatan informasi kepada masyarakat maupun kepada media mitra pers," ujarnya dalam Gathering Kehumasan Pemprov dan Pemda se-kabupaten/kota se-Kalbar, di Hotel Kini Pontinak, Rabu ( 23/8) pagi.

Pada kegiatan yang ikut dihadiri insan pers, dia mengatakan memasuki zaman digital, pemerintah telah mencanangkan sistem e-goverment dalam seluruh proses kegiatan pemerintahan. Tak terkecuali dalam tugas kehumasan.
 
Peranan humas terangnya, sangatlah strategis dalam suatu organisasi pemerintahan. Mempunyai komitmen dalam menyelenggarakan prinsip-prinsip pemerintahan yang transparan dan akuntabel. "Humas harus berperan secara optimal, humas mempunyai peranan penting," katanya.
 
Lebih lanjut dia menekankan, humas di setiap instansi pemerintahan harus menjadi humas yang kreatif, inovatif dan mampu menjadi fasilitator bagi masyarakat.

"Kita telah secara nyata menjalankan prinsip transparansi dan keterbukaan publik di satu sisi. Di samping yang menjadi harapan utama kita adalah dukungan dan respon yang positif dari masyarakat terhadap publikasi-publikasi pencapaian kerja yang akan dapat menjadi indikator keberhasilan secara umum tugas-tugas pimpinan daerah," paparnya.

Karena disadari, pengelolaan informasi yang baik dan profesional dari pelaksanaan program atau kegiatan pemerintahan daerah yang ada pada tiap instansi atau organisasi perangkat daerah menjadi penting.

"Karenanya humas memegang peranan penting. Saya mengajak seluruh jajaran humas untuk meningkatkan perannya dan saya berharap melalui gathering ini bisa membawa peningkatan ke depan," tuturnya.

Wagub mengharapkan, melalui gathering kehumasan ini bisa menginventarisir berbagai permasalahan yang dihadapi, maupun masukan-masukan kepada pemerintah melalui diskusi, sehingga diprogramkan dalam program kerja ke depan yang lebih mendukung sesuai kebutuhan di lapangan dan kemajuan di era digital.

"Kemampuan kita menyediakan informasi yang cepat dan akurat dan kemampuan kita dalam memberikan ruang informasi yang dapat diakses oleh masyarakat luas di seluruh wilayah Kalimantan Barat," pungkas Wagub. (*/umr/and)

Komentar