Cornelis Terpilih sebagai Pembina BPD Terbaik Indonesia 2017

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 369

Cornelis Terpilih sebagai Pembina BPD Terbaik Indonesia 2017
TERIMA PENGHARGAAN - Gubernur Kalbar, Cornelis, menerima penghargaan sebagai pembina perbankan terbaik di wilayah yang dipimpinnya. Penghargaan tersebut diserahkan pada Anugerah Perbankan Indonesia VI Tahun 2017, di Hall Kedutaan Besar Republik Indonesia
PONTIANAK, SP - Gubernur Kalbar, Cornelis, menerima penghargaan sebagai Pembina Bank Pembangunan Daerah (BPD) terbaik Indonesia tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Majalah Economic Review bekerjasama dengan sejumlah pihak, di antaranya dari Perbanas Institute, IPMI International Business School, Daya Makara UI, Indonesia-Asia Institute, serta Ideku Group, pada acara Anugerah Perbankan Indonesia VI Tahun 2017 di Hall Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapore 7 Chatsworth Road, di Singapura, Rabu (23/8).

Di samping bersyukur atas penghargaan yang telah diterima, Cornelis mengimbau agar masyarakat Kalbar terus memberikan dukungan kepada Bank Kalbar sebagai bank daerah.

"Besar kecilnya bank itu tergantung dari masyarakat juga. Berbagai upaya yang dilakukan Bank Kalbar jika tidak mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, para pengusaha, kontraktor, pemilik perkebunan dan tambang, maka bank akan sulit berkembang," ujarnya.

Maka dari itu, Cornelis mengajak lintas sektoral dan juga masyarakat untuk menabung maupun melakukan kredit di Bank Kalbar. Karena keuntungan operasional berupa laba akan dibagikan kembali kepada masing-masing pemerintah daerah selaku pemegang saham.

Keuntungan ini, terangnya, dalam bentuk dividen yang disetorkan ke kas daerah dan akan dipergunakan sebagai salah satu sumber dana untuk pembangunan dan memperkuat modal Bank Daerah dimaksud. 

"Sehingga bisa melakukan ekspansi usaha terutama dalam mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah di Kalimantan Barat," ungkap Cornelis.

Selain Cornelis, perhargaan juga diterima oleh Direktur Utama Bank Kalbar, Samsir Ismail, terpilih sebagai The Best Indonesian CEO Bank (BPD) 2017, BPD Kalbar bank BPD terbaik di Indonesia 2017, dan lima besar Bank-Buku II-BPD, Aset 10-25 triliun.

Terkait penghargaan ini, ada 10 kategori yang dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari perwakilan enam lembaga perbankan. 

Sebelumnya, bersama lima gubernur di Indonesia lainnya, Cornelis juga meraih prestasi sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2017. Karena Cornelis dinilai berhasil membangun infrastruktur strategis di Kalbar, di antaranya Jembatan Pak Kasih Tayan, dan tiga border megah di Kalbar yang juga menjadi Pos Lintas Batas Negara (PLBN). (*/umr/and)