Ditpolair Amankan Ratusan Kayu Log Ilegal

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 476

Ditpolair Amankan Ratusan Kayu Log Ilegal
DIAMANKAN – Ditpolair Polda Kalbar mengamankan ratusan kayu log ilegal di perairan Sungai Kapuas, daerah Parit Ramli, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Minggu (27/8) lalu. Ist
PONTIANAK, SP – Direktorat Polair Polda Kalbar, mengamankan ratusan kayu log ilegal di perairan Sungai Kapuas, daerah Parit Ramli, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Minggu (27/8).

Kasi Tindak Direktorat Polair, Kompol Dudung mengatakan ratusan kayu log tak berizin ini, ditemukan anggotanya ketika berpatroli. Kayu tersebut dirakit dan ditarik menggunakan motor air yang dinahkodai oleh Mis. 

“Di dalamnya, juga ditemukam dua anak buah kapal yang membantu. Saat diperiksa dan dimintai dokumen perizinan, nahkoda tak bisa menunjukkannya,” ujarnya, Rabu (30/8).

Aparat menginterogasi nahkoda secara intensif, sehingga dia mengaku hanya diupah untuk menarik kayu log tersebut dari seseorang inisial War untuk dibawa ke Rasau Jaya.

"Kayu-kayu ini berasal dari daerah Punggur Kecil dan akan dibawa ke Rasau Jaya. War merupakan warga Dusun Martapura, Kecamatan Sungai Raya," ungkapnya. 

Petunjuk itu, menggiring anggota mendatangi pemilik kayu log tersebut. "Saat ini si pemilik kayu ini sudah kita amankan dan masih diperiksa lebih lanjut atas kepemilikan barang ilegal ini,” katanya.

Dudung menegaskan, War yang kini ditetapkan sebagai tersangka, melanggar Pasal 383 Ayat 1 huruf b junto Pasal 12 huruf e, dan atau Pasal 88 Ayat 1 junto Pasal 16, UU RI No 18 Tahun 2013, tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

"Ancaman hukumannya lima tahun penjara dan denda Rp10 miliar," pungkasnya. (abd/and)