HNSI Diminta Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 476

HNSI Diminta Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan
MELANTIK - Ketua DPP HNSI, Mayjen Pur Dr H Yusuf Solihin, melantik pengurus DPD HNSI Kalbar periode 2017-2022 di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Senin (4/9). HNSI Kalbar diminta agar memperhatikan kesejahteraan nelayan. Ist
PONTIANAK, SP – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Kalimantan Barat periode 2017-2022, resmi dilantik. Pelantikan langsung dihadiri Ketua DPP HNSI Pusat, di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Senin (4/9) pagi.

Kepada pengurus yang baru, Ketua DPP HNSI, Mayjen Pur Yusuf Solihin, mengharapkan untuk segera melakukan komunikasi ke pemerintah daerah dan lembaga terkait.

"Harapan saya besok mereka sudah langsung beraudiensi dengan gubernur," ujarnya usai pelantikan.

Komunikasi yang dibangun nantinya, terang dia, menyangkut program-program yang berkenaan dengan peningkatan terhadap nelayan.

Dia mengemukakan, nelayan Kalbar saat ini relatif masih dalam garis kemiskinan. Maka dari itu, HNSI Kalbar diharapkan dapat berupaya meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan mereka. "Itu yang harus dilakukan pengurus yang dilantik. Dia tidak boleh berdiam diri," pintanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kalbar, M Zeet Hamdy Assovie, mengatakan Pemprov akan mendukung keberadaan HNSI ini. Dukungan melalui pengalokasian anggaran tahun 2018 mendatang.

"Kami mohon HNSI Kalbar, perhatikanlah RPJMD Kalbar, agar blue print HNSI bisa berjalan seiring dengan visi misi kepala daerah," ucapnya.

Tak hanya tingkat provinsi, Pemprov Kalbar juga akan mendukung HNSI yang ada di kabupaten, yakni Landak, Sekadau, Katong Utara dan Melawi agar ke kepala daerah setempat segera mengukuhkan HNSI.

"Insyaallah dalam waktu dekat keempat DPC HNSI daerah itu bisa dikukuhkan," pungkasnya.

Ketua DPD HNSI Kalbar, Sigit Sugiardi mengatakan, organisasi ini sebagai wadah nelayan dan kaum petani dalam memperjuangkan cita-cita guna meningkatkan pendapatan taraf hidup dan kesejahteraan kaum nelayan serta petani dalam wadah kesatuan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dia menegaskan, siap melaksanakan tugas dan amanah yang diemban selama lima tahun ke depan ini. "Kami siap melaksanakan amanah," ucapnya.

Kendati begitu, diakuinya bahwa amanah ini dibutuhkan dukungan dari semua pihak. Baik pemerintah maupun organisasi yang lain untuk bermitra bersama.

"Kami siap mengisi pembangunan yang ada. Oleh karena itu kami membuka diri bermitra dan kami siap menjalankan sama-sama program pembangunan, khususnya untuk sektor kelautan dan perikanan," tegasnya.

Dia menyebutkan, saat ini HNSI kabupaten/kota telah terbentuk, ada empat daerah yang akan segera dikukuhkan.

Dia menjelaskan, dan AD ART HNSI, bahwa organisasi ini juga bergerak di sektor pembudidaya ikan dan pengolahan serta pemasaran dan petani garam. Jadi, skala yang akan ditangani mencakup lebih luas.

"Kita mendorong untuk segera dibentuk karena di pedalaman sangat berpotensi sekali untuk budidaya perikanan air tawar," tuturnya. (umr/and)

Komentar