KPU Tetapkan Jumlah Kursi dan Suara Sah Pilgub Kalbar

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 693

KPU Tetapkan Jumlah Kursi dan Suara Sah Pilgub Kalbar
Ilustrasi
PONTIANAK, SP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat, melaksanakan rapat pleno penetapan jumlah kursi dan perolehan suara sah untuk syarat pencalonan yang diajukan partai politik atau gabungan partai politik, serta jumlah dukungan dan persebarannya bagi pasangan calon perseorangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat tahun 2018, Minggu (10/9).

Rapat pleno yang digelar di Ruangan Kartika, Hotel Kartika Pontianak ini, dilaksanakan mengacu pada Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2018.

Serta Keputusan KPU Provinsi Kalimatan Barat, Nomor 16 Tahun 2017 Tentang  Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018. 

Ketua KPU Kalbar, Umi Rifdiyawaty menyebutkan, paling sedikit jumlah kursi dan perolehan suara sah untuk syarat pencalonan yang diajukan partai politik atau gabungan partai politik berdasarkan hasil Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2014 dengan ketentuan memperoleh paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD Provinsi, yaitu 13 kursi atau 25 persen akumulasi suara sah partai politik yaitu 630.812 suara sah.

“Khusus untuk pengajuan pasangan calon yang menggunakan perolehan 25 persen suara sah hanya berlaku bagi partai politik atau gabungan partai politik yang memperoleh kursi di DPRD Provinsi,” jelasnya. 

Sementara itu, terkait penetapan jumlah dukungan dan persebarannya bagi pasangan calon perseorangan dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, berdasarkan daftar pemilih Pemilu terakhir yaitu Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014, Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015, dan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2017 sebesar 3.539.794 pemilih. 

Dengan perhitungan yakni 300.883 pendukung, yang harus tersebar lebih dari 50 persen jumlah kabupaten/kota di Provinsi Kalimatan Barat yakni delapan kabupaten/Kota.

Rapat pleno ini dipimpin langsung Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Umi Rifdiyawaty, didampingi anggota, sekretaris, pejabat serta jajaran Sekretariat KPU Provinsi Kalimantan Barat. (umr/and)

Komentar