Langganan SP 2

Polda Kalbar Komitmen Ungkap Lebih Banyak Kasus Perjudian

Ponticity

Editor hendra anglink Dibaca : 163

Polda Kalbar Komitmen Ungkap Lebih Banyak Kasus Perjudian
Ilustrasi (SP/Net)
PONTIANAK, SP – Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Kalbar, AKBP Suhajimantoro mengklaim, Polda Kalbar masuk dalam urutan ke dua tertinggi dalam pengungkapan kasus tindak pidana perjudian. Hal ini berdasarkan data yang berada di Mabes Polri.

Kendati demikian, dia mengakui perjudian di Kalbar masih marak. Oleh sebabnya, masyarakat juga diminta aktif membantu polisi untuk menuntaskan kasus ini. Caranya  dengan memberikan laporan ke pihaknya, jika mengetahui adanya aktivitas perjudian di lingkungan masing-masing.

Suhajimantoro menegaskan, tak akan pandang bulu dalam menindak praktik perjudian. Siapa pun yang terlibat, akan dihukum seadil-adilnya sesuai dengan kesalahannya. Termasuk oknum aparat yang melindungi praktik perjudian ikut ditindak tegas.

"Jika memang ada, laporkan pada saya dan anggota tersebut selain diproses pidana dan juga akan dimutasikan," kata Suhajimantoro, kemarin.

Mantan Kapolres Sintang ini mengatakan, dalam mengungkap sindikat perjudian besar, memang terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi. Sebab, para pelaku saat ini sudah semakin canggih dalam menjalankan praktik haram tersebut.

"Kalau yang kecil tertangkap, mereka tetap bungkam melindungi bandar besarnya. Dia tidak akan mau mengaku siapa bandar terbesar. Bahkan pemain-pemain kecil ini rela mengaku sebagai bandar untuk memutus jaringannya," katanya.

Menurutnya, persoalan itu menjadi kendala yang kerap dihadapi. “Itu yang menjadi kesulitan bagi anggota di lapangan dalam menungkap  jaringan judi yang besar. Bukannya polisi tidak bisa menangkap. Kami melawan orang orang yang paham dengan IT,” timpalnya.

Meski begitu, dia berjanji akan berupaya membongkar sindikat perjudian besar yang masih terus terjadi di wilayah hukum Polda Kalbar. (abd/and)