Wagub Kalbar Minta Pemda Adakan Jambore Pemuda

Ponticity

Editor hendra anglink Dibaca : 298

Wagub Kalbar Minta Pemda Adakan Jambore Pemuda
Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya (Dokumen SP)
PONTIANAK, SP – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, berkomitmen mengembangkan sektor kepemudaan. Hal ini, diungkapkan Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya, saat menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Kalbar di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Kota Pontianak, Selasa (19/9) pagi.

Tak sekadar ucapan, di hadapan puluhan pemuda dari masing-masing perwakilan organisasi kepemudaan  se-Kalbar, Wagub meminta kepada dinas terkait untuk segera memfasilitasi kegiatan kepemudaan, terutama program dari PPMI.

"Nanti sampaikan ke seluruh jajaran (dinas) kepemudaan kabupaten/kota untuk bisa menyelenggarakan Jambore Pemuda Kabupaten/Kota," ujarnya ditujukan ke Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar, yang kala itu turut hadir.

Sebelumnya, terlontar tantangan dari Ketua Umum DPP PPMI, M Ramdhan Ulayo, usai melantik pengurus DPD PPMI Kalbar, agar Pemprov Kalbar dapat benar-benar mengimplementasikan UU Kepemudaan, yakni ada hak pemuda yang perlu diperhatikan.

"Kita yang provinsi, kalau itu (jambore) tiap tahun ada kegiatannya, dipikirkan lah itu," kata Wagub merespon tantangan dari Ketua PPMI Pusat.

Dia menjelaskan, dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), ada urusan wajib dan urusan pilihan. Bidang kepemudaan merupakan yang termasuk dalam urusan wajib, sementara kepariwisataan adalah pilihan.

"Harusnya lebih pro ke situ (kepemudaan). Tapi kita lagi menyusun Perda tentang Kepariwisataan di dewan. Artinya, pariwisata harus menjadi daya tarik untuk menambah APBD dan sebagainya," terangnya.

Di samping pengembangan bidang kepemudaan, Wagub juga mengimbau agar pemuda ikut terlibat dalam menyelesaikan persoalan bangsa. Khususnya masalah intoleransi, radikalisme, penyalahgunaan narkoba, kesenjangan sosial dan lain sebagainya.

Sambas Siap Bersinergi

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Disparpora Kabupaten Sambas, Nizamuddin menyambut baik arahan yang disampaikan Wagub Kalbar mengenai memfasilitasi kegiatan kepemudaan.

"Sambas siap dan kita menyambut baik. Harus bersinergi, karena menyangkut program kegiatan ini kebijakan pemerintah provinsi dan kabupaten," katanya.

Dia berharap, kegiatan kepemudaan yakni Jambore Pemuda Daerah (JPD) ini bisa dibicarakan lebih serius antara pemerintah kabupaten/kota dengan provinsi. Sehingga ada persepsi yang sama dalam penyelenggaraannya kelak.

"Semestinya hal-hal seperti ini diangkat dalam rakor," sarannya.

Meski baru saja disampaikan, dia memastikan bahwa imbauan tersebut akan segera ditindaklanjuti oleh Pemkab Sambas.

"Pasti ada. Karena Sambas tentang kepemudaan ini apresiasinya sangat luar biasa. Karena sudah banyak sekali pemuda Sambas yang dapat berbicara di tingkat provinsi bahkan nasional," ungkapnya.

Antara lain pemuda pelopor, Paskibraka, Kapal Pemuda Nusantara. “Malah tahun 2017 ini, Sambas itu pertama telah melahirkan peserta putri untuk Paskibraka tingkat nasional," pungkasnya. (umr/and)