Kapendam: Film G 30 S/PKI Diharapkan Gugah Nasionalisme

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 361

Kapendam: Film G 30 S/PKI Diharapkan Gugah Nasionalisme
lantamal12.koarmabar.tnial.mil.id
PONTIANAK, SP – Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) XII/ Tanjungpura, Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti mengapresiasi antusiasme masyarakat yang datang menyaksikan penayangan film Gerakan 30 September (G 30 S/PKI) yang digelar dua malam berturur-turut di lapangan Makodam XII/Tanjungpura pada Kamis dan Jumat kemarin. 

Menurutnya, acara nonton bareng film sejarah ini, sedikitnya dihadiri sekitar enam ribuan masyarakat. Setidaknya kata dia, dengan pemutaran film G 30 S/PKI dapat menggugah kembali semangat nasionalisme masyarakat.

"Dengan pemutaran film ini, membuktikan bahwa bangsa kita dalah bangsa yang kuat, bangsa yang dihuni oleh rakyat yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi,” katanya,  Kolonel Inf Tri Rana Subekti, Kapendam XII/Tanjungpura, Minggu (24/9). 

Dia pun berharap, setelah penayangan film ini, masyarakat dapat mengetahui sejarah kelam bangsa Indonesia, atas pemberontakan yang dilakukan oleh PKI untuk mengambil alih kekuasaan dengan mengubah ideologi bangsa menjadi ideologi komunis.

"Jadi, pemutaran film ini jangan dinilai dari sisi negatif. Bangsa Indonesia bukanlah bangsa yang melupakan sejarah bangsa yang pernah terjadi. Oleh sebab itu, mari kita pandang sisi positifnya," pintanya. 

Dia meyakini, dengan menyaksikan film tersebut, bangsa akan semakin kuat, rasa kebangsaan semakin terbangun. 

Subekti menambahkan, jadwal pemutaran film G 30 S/PKI akan digelar di setiap malam libur. 

Sebagaimana diketahui, pemutaran film G 30 S/PKI yang digelar oleh TNI, dilaksanakan secara serentak di seluruh pelosok negeri. Kegiatan ini pun memunculkan berbagai macam persepsi. Ada yang pro, namun banyak juga yang kontra. (abd/and)

Komentar