Kepergok Mau Mencuri, Riz Nyaris Dihakimi Massa

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 136

Kepergok Mau Mencuri, Riz Nyaris Dihakimi Massa
DIAMANKAN – Tersangka Riz, saat diamankan warga usai kepergok akan mencuri di rumah Trian Septianto, Kamis (5/10). Beruntung Riz segera diamankan polisi, sehingga tidak dihakimi massa. SP/Abdul

Warga Jalan Karet Tangkap Maling


Warga di Jalan Karet, Komplek Karet Indah Blok 18, Kecamatan Pontianak Barat menangkap seorang pemuda berinisial Riz, seorang maling yang akan melucuti harta benda di rumah warga, Trian Septianto, Kamis (5/10). Namun beruntung, Riz tidak menjadi bulan-bulanan massa.

SP - Aksi tindak pidana pencurian yang akan dilancarkan Riz, diketahui warga. Riz tertangkap basah oleh tetangga korban, ketika akan masuk ke rumah yang menjadi targetnya itu.

Alhasil, tersangka pun diteriaki maling oleh tetangga korban tersebut. Seketika, warga setempat berkerumun. Setelah itu, terjadilah kejar-kejaran antara warga dan pelaku.

Karena telah dikepung warga, akhirnya Riz tak bisa lari dan berhasil ditangkap. Usai diamankan, warga kemudian melaporkan kejadian itu ke Polsek Pontianak Barat.

"Dari laporan itu, anggota langsung ke TKP menjemput pelaku untuk dibawa ke Mapolsek guna diproses hukum lebih lanjut," kata Kapolsek Pontianak Barat, AKP Agus Hani, Jumat (6/10).

Agus Hani menerangkan, kini Riz sudah mendekam di jeruji besi Polsek Pontianak Barat. Berdasarkan keterangan warga setempat yang dia peroleh, ternyata tersangka Riz tak sendirian saat melakukan percobaan pencurian di rumah korban bernama Trian Septianto itu.

"Pelaku pun saat diinterogasi mengakui bahwa dia berdua sama temannya saat beraksi. Namun temannya ini berhasil melarikan diri dari kejaran warga," jelas Agus.

Berdasarkan keterangan warga dan pengakuan pelaku, maka seorang rekan Riz tersebut pun kata Agus, saat ini sedang diburu oleh anggotanya. Sebab diduga kuat terlibat kejahatan percobaan tindak pidana pencurian bersama tersangka Riz.

"Saat ini rekan Riz tersebut ini sudah ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO)," katanya.

Agus Hani menambahakan, dari tangan Riz diperoleh barang bukti hasil tindak pidana percobaan pencurian yang berhasil diamankan. Barang bukti tersebut berupa sepasang sepatu merk Adidas berwarna hitam putih. 

"Selain itu, sarana berupa motor yang digunakan tersangka saat beraksi juga kita lakukan penyitaan," tegasnya. 

Terhadap tersangka Riz atas percobaan melakukan tindak pidana pencurian ini, akan dikenakan Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian, dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. (abdul halikurrahman/and)