Edarkan Uang Palsu, MA Dibekuk Polisi

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 214

Edarkan Uang Palsu, MA Dibekuk Polisi
Ilustrasi
PONTIANAK, SP - Satuan Reskrim Polsek Pontianak Timur menangkap tersangka pengedar uang palsu berinisial MA (41), Kamis (12/10). Aksinya terungkap setelah melakukan transaksi menggunakan uang palsu untuk membeli rokok.

Kapolsek Pontianak Timur, Kompol Abdul Hafidz mengatakan, penangkapan itu berawal dari laporan warga  yang menyebut bahwa di Gang Harmonis ada seorang seorang pria yang menggunakan uang palsu untuk berbelanja. Dari laporan itu, polisi langsung bergerak ke lokasi. 

"Orang yang dicurugai berinisal MA. Kemudian yang bersangkutan langsung kita amankan. Selanjutnya dilakukan pengembangan dengan  menggeledah rumahnya," kata Kompol Abdul Hafidz.

Dari hasil penggeledahan kata Hafidz, polisi berhasil mendapati uang palsu yang disimpan tersangka sebanyak Rp370 ribu. 

"Setelah diintrogasi, tersangka pun mengaku bahwa uang palsu itu diperolehnya dari seseorang berinisal JA, warga Kampung Beting," jelasnya.
Hafizd mengatakan, berdasarkan pengakuan tersangka MA, uang palsu itu sudah dua kali di pergunakan untuk membeli rokok. 

"Pengakuan tersangka, uang palsu yang digunakannya untuk membeli rokok di warung dekat rumahnya yakni pecahan Rp100 ribu," katanya.
Hafizd menegaskan, pihaknya saat ini masih terus melakukan pengembangan untuk mengungkap sumber uang palsu tersebut. 

"Tersangka MA sudah kita tahan. Ini akan terus kita kembangkan," ujarnya.

Kini pria tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka karena telah melakukan tindak pidana menyebarkan dan menyimpan uang palsu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 245 KUHP.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan tersangka yakni, dua lembar uang palsu pecahan Rp100 ribu,  3 lembar uang palsu pecahan Rp50 ribu dan dua lembar uang palsu pecahan Rp10 ribu. (abd/ind)