Hari Ini Terakhir Penyerahan Dokumen Partai ke KPU

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 517

Hari Ini Terakhir Penyerahan Dokumen Partai ke KPU
SERAHKAN BERKAS - DPC Golkar Pontianak menyerahkan berkas pendaftaran peserta Pemilu ke KPU Kota Pontianak, Sabtu (14/10). Hari ini, Senin (15/10) merupakan hari terakhir penyerahan berkas. SP/Balasa
PONTIANAK, SP - Senin (16/10) hari ini, merupakan hari terakhir penyerahan dokumen partai ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak. Hingga Minggu (15/10) pukul 13.30 WIB, baru enam partai yang mendaftarkan diri untuk mengikuti Pemilu mendatang. Enam partai itu di antaranya, Perindo, Nasdem, PDI Perjuangan, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Golkar.

"Besok (hari ini) akan kita tunggu sampai pukul 24.00 WIB. Sebagian partai sudah berkonsultasi dan masih menunggu Dewan Pimpinan Pusat mendaftar ke KPU RI," kata Ketua KPU Pontianak, Sujadi, Minggu (15/10) siang.

Penyerahan dokumen partai telah dibuka KPU sejak 3 Oktober dan akan berakhir 16 Oktober 2017. Beberapa partai sudah berkonsultasi dengan KPU lewat layanan help desk. Sujadi menjelaskan, sebenarnya partai di Pontianak sudah siap, namun pengurus DPP harus lebih dulu mendaftar di KPU RI.

"Mereka menunggu DPP di pusat, kalau tidak ke KPU RI dulu, kita tidak bisa terima," imbuhnya.

Soal pendaftaran partai ini, sudah disosialisasikan dengan mengundang 73 partai yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM. Namun yang hadir pada pertemuan hanya 19 partai. Sebagian merupakan partai peserta Pemilu lalu, sebagian lagi partai baru. Misalnya Partai Garuda, Berkarya, Idaman, Republik, PSI dan Perindo.

"Kendala ada di satu dua hal, mereka sudah hubungi DPP, sehingga mereka daftar lengkap. Contohnya Golkar, sudah koordinasi help desk, makanya cuma setengah jam untuk diterima KPU," pungkasnya.

Salah satu partai yang mendaftar Minggu siang adalah Golkar. Sebagaimana yang disebutkan Sujadi, pendaftaran Golkar yang sebelumnya dijadwalkan hari Sabtu (14/10), malah jadi hari Minggu. 

Ketua DPC Partai Golkar Pontianak, Heri Mustamin menjelaskan pihaknya memang menunggu DPP Golkar mendaftar ke KPU RI. 

"Jadi hari ini kita bersamaan dengan DPP mendaftar ke KPU. Alhamdulillah sudah langsung diterima, tidak ada masalah, dengan 1.606 Kartu Tanda Anggota (KTA)," pungkasnya. (bls/and) 

Komentar