Perusahaan Siapkan Kapal Pengganti KM Dharma Kencana II

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 654

Perusahaan Siapkan Kapal Pengganti KM Dharma Kencana II
TERBAKAR - Insiden kebakaran kapal KM Dharma Kencana II, Minggu (29/10). Pihak perusahaan menyiapkan kapal pengganti sementara untuk tujuan Pontianak-Semarang atau sebaliknya. (Ist)
PONTIANAK, SP - Pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pontianak menyatakan, perusahaan PT Dharma Lautan Utama, pemilik KM Dharma Kencana II yang terbakar di perairan Karimunjawa, Minggu (29/10) telah menyiapkan kapal pengganti sementara untuk rute Semarang-Pontianak atau sebaliknya.

"Dalam waktu dekat dicanangkan KM Dharma Ferry 8 dari Jakarta. Untuk sementara waktu akan menggantikan KM Dharma Kencana II dengan rute Semarang-Pontianak. Namun saat ini masih docking di Jakarta," kata Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Pontianak, Eko Winarno, Senin (30/10) petang.

Sementara itu, Eko menerangkan, pihak perusahaan juga telah melakukan pembatalan keberangkatan dan pengembalian tiket penumpang KM Dharma Kencana II dari Pontianak tujuan Semarang yang telah dibeli.

"Kita dari pihak KSOP Pontianak Senin pagi tadi mendapatkan laporan bahwa penumpang KM Dharma Kencana II dibatalkan keberangkatan dengan tujuan Semarang," ujarnya.

Terkait penumpang yang menjadi korban, kini telah berada di Kumai, Kalimantan Tengah dengan kondisi selamat. Mereka rencananya akan diberangkatkan ke Pontianak menggunakan jalur darat.

"Perusahan menyiapkan dua bus untuk mengantar penumpang yang ingin melanjutkan ke kota tujuan Pontianak. Dan bagi penumpang yang ingin kembali ke Semarang, mereka telah menyiapkan transportasi alternatif yang telah disediakan. Kemungkinan subuh ini (Selasa, 31 Oktober) sampai di pelabuhan," jelasnya.

Jika penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke kota tujuan Pontianak, pihak perusahaan kapal tersebut telah menyediakan travel dengan tujuan kota masing-masing setelah tiba di Kalbar.

Kejadian ini menurut Eko, tidak berpengaruh terhadap aktivitas di Pelabuhan Dwikora Pontianak.

Sementara juru bicara Basarnas Kantor SAR Semarang, Zulhawary Agustianto menyatakan evakuasi korban telah selesai dilakukan.

"Penumpang sudah tiba di Pelabuhan Kumai Senin (30/10) pukul 09.10 WIB, sedangkan untuk bangkai kapalnya sendiri saat ini masih di laut, untuk penanganannya sendiri sudah diserahkan ke pemilik," ujarnya melalui sambungan seluler.

Berkaitan dengan kondisi korban, seluruhnya dalam keadaan baik-baik saja."Sementara tidak ada info untuk luka-luka, sementara infonya semua dalam keadaan sehat," katanya.

Dia mengatakan, muatan yang terdapat di KM Dharma Kencana II terdiri dari kendaraan bermotor dan mobil yang berjumlah kurang lebih 40 buah. (umr/aan/and)

Komentar