Berawal dari Kecurigaan, Begini Kronologis Penggerebekan Ribuan Kayu Ilegal

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 432

Berawal dari Kecurigaan, Begini Kronologis Penggerebekan Ribuan Kayu Ilegal
ilustrasi penangkapan kayu ilegal
PONTIANAK, SP - Kasi Wilayah III Balai Gakum SPORC Brigade Bekantan Wilayah III Kalbar, David Muhammad menerangkan kronologis penggrebekan sawmill  yang menampung ribuan 3.400 batang kayu ilegal di daerah Kayu Lapis, Kabupaten Sekadau, bermula dari informasi dari masrakat.

"Operasi ini dimulai ketika Tim SPORC mendapat laporan dari mayarakat tentang adanya pengangkutan kayu dari Kabupaten Sintang, ke sebuah sawmill di daerah Simpang Kayu Lapis Sekadau," katanya, Senin (6/11).

Kemudian sekitar pukul 06.00 WIB Rabu (1/11), tim yang sedang berpatroli di Simpang Kayu Lapis, menemukan sebuah truk sedang parkir di sawmill bernama Harmonis. Setelah dicek ternyata truk itu bermuatan kayu jenis belian lengkap dengan dokumennya.

Anggota yang berpatroli tersebut menaruh curiga dengan sawmill Harmonis yang kondisinya tertutup rapat. Kemudian anggota pun meminta pemilik inisial Ap untuk membuka pintu gudang.

Setelah diperiksa, ternyata kecurigaan anggota pun terbukti. Di dalam gudang itu, banyak ditemukan kayu olahan.

"Dari hasil pemeriksaan ada sekitar 3.400 batang kayu jenis bengkirai, keladan dan rimba campuran. Kayu ini ternyata juga tak memiliki dokumen kayu yang sah," ungkap David. (abd)