Ini Kata Dirjen Dukcapil Terkait Kendala Realisasi e-KTP

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 317

Ini Kata Dirjen Dukcapil Terkait Kendala Realisasi e-KTP
RAKOR - Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif saat menyampaikan sambutan dalam Rakor Pemantapan Kesiapan Pilkada. (SP/Umar Faruq
PONTIANAK, SP - Ditjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh saat saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantapan Persiapan Pilkada Serentak di Kalbar Tahun 2018, di Hotel Kapuas Palace, Pontianak, Senin (6/11) menyebutkan sejumlah kendala dalam ihwal pemenuhan e-KTP.

Kendala itu di antaranya, peralatan yang rusak, Sumber Daya Manusia (SDM) kurang, dan partisipasi masyarakat masih rendah.

"Karena ketika teman-teman di Dinas Dukcapil sudah menjemput bola, yang direkam tidak ada, maka mereka pulang hampa tangan," jelasnya.

Ditjen Dukcapil berharap, Pemprov bisa membuat terobosan di mana petugas dan Pemda dapat turun langsung, dengan membuat layanan perekaman secara bersama-sama.

"Seperi yang kami lakukan di Taman Mini kemarin. Satu provinsi buka di kantor gubernur, perekaman pencetakan selama satu minggu. Melayani seluruh masyarakat di Kalimantan Barat," sarannya.

Pihaknya juga terus memonitor data kependudukan di setiap daerah. Saat ini, kata Zudan, capaian perekaman di tingkat nasional sudah mencapai 97 persen.

Dia menyebutkan, untuk Kalbar ada sekitar 900 ribu penduduk yang belum melakukan perekaman.

Terkait blanko, saat ini sudah tersedia. Kata Zudan, pihaknya telah menginstruksikan ke setiap untuk segera melakukan proses perekaman.

"Masyarakat yang sudah merekam, yang KTP-nya rusak, hilang, untuk segera minta ganti," ucapnya. (umr)