Waspada, Kuliah Singkat Catut Nama UT

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 371

Waspada, Kuliah Singkat Catut Nama UT
Ilustrasi. Net
PONTIANAK, SP - Kepala Unit Pelaksana Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka Pontianak, Tati Rajati tak menampik jika universitasnya rawan dimanfaatkan pihak tak bertanggung jawab, untuk mengelabui warga yang ingin menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi.

Untuk itu Tati meminta agar masyarakat waspada. Sehingga bisa selektif dan tidak mudah percaya terhadap penawaran perkuliahan mencatut nama UT, dengan iming-iming mempermudah proses perkuliahan dan mempersingkat waktu atau jual beli ijazah. Hal itu tidak dibenarkan.

“UT tidak mempunyai program percepatan perkuliahan. Tidak ada yang namanya kuliah percepatan dengan bisa selesai cuma dalam waktu satu setengah tahun. Kami juga tak bekerja sama selain program yang dimiliki kami sendiri, yaitu Kelompok Belajar (Pokjar)," ujarnya, kemarin.

Sistem belajar melalui Pokjar berada di seluruh kabupaten/kota di Kalbar. Dengan melakukan kontrak kerja bersama UPBJJ-UT Pontianak. Pihak Pokjar ini harus bisa menunjukkan kontrak kerja tersebut.

"Untuk jadwal kegiatan Pokjar itu mengikuti dan mengacu pada kalender akademik, jadwal dan kalender akademik bisa didapatkan di website UT oleh mahasiswa,” jelasnya.

Sementara perantara antara pengurus Pokjar yang memfasilitasi mahasiswa dengan pihak UT adalah mitra UT. Bukan pegawai atau staf UT. Pihak UT juga tak pernah menarik iuran di luar biaya perkuliahan semester. Pembayaran perkuliahan hanya melalui satu pos rekening atas nama UT yang bekerja sama dengan bank.

“Perlu diketahui, UT tidak pernah menarik iuran selain pembayaran uang SPP kuliah setiap semester. Pembayaran apa pun ke UT baik itu daftar ulang maupun legalisir ijazah, langsung ke bank. Jika ada perkuliahan di luar sana yang memungut biaya mengatasnamakan UT, dapat dipastikan itu bukan UT,” tegasnya.

Terkait sistem pendidikan sendiri, Tati menegaskan berbentuk belajar jarak jauh, bukan kelas jarak jauh.

“Keduanya beda itu. Kami menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan mrnggunakan media, baik itu cetak seperti modul, atau non cetak seperti audio, video dan lain-lain," katanya.

Terbuka artinya, tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi dan frekuensi mengikuti ujian.

Dalam proses pembelajarannya, mahasiswa diharapkan dapat belajar secara mandiri atau berkelompok.

"Kita menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat dipelajari secara mandiri. Mahasiswa juga boleh mengambil inisiatif untuk memanfaatkan perpustakaan yang ada di daerahnya, serta mengikuti tutorial yang ada. Jika mahasiswa kesulitan, bisa langsung menghubungi kita di UPBJJ-UT Pontianak,” tambahnya.

Terkait verifikasi ijazah asli atau palsu, dapat dicek di www.ut.ac.id. Jika sudah masuk website, pilih menu UT Online dan pilih Verifikasi Ijazah, selanjutnya masukkan NIM dan Nomor Ijazah, jika ijazah asli maka akan muncul nama pemilik.

Bila ingin mengetahui terkait program perkuliahan UT, warga dapat menghubungi UPBJJ UT dengan narahubung 082158481447, bisa dengan telepon atau via WhatsApp. 

Sejak resmi berdiri pada 1984 lalu, UT memiliki empat fakultas, di antaranya Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jenjang pendidikan meliputi diploma dan sarjana. Pada 2004, UT juga telah membuka jenjang pascasarjana. (aan/and)

Komentar