Agar Harga Jeruk Tidak Anjlok, Begini Caranya

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 106

Agar Harga Jeruk Tidak Anjlok, Begini Caranya
Foto Jeruk Sambas. Dok. SP
PONTIANAK, SP - Anjloknya harga jual jeruk di pasaran, salah satunya disebabkan jumlah komoditi saat panen dalam jumlah besar. Jadi wajar saja di saat banjir buah jeruk, harganya mengalami penurunan.

Untuk mengantisipasi kondisi itu, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (Distan-TPH) Kalbar, sudah jauh hari mengimbau kepada para petani untuk tidak menerapkan panen raya.

"Dulu kita sudah situasikan bahwa jeruk ini, jangan pakai istilah panen raya," ujar Kepala Distan-TPH Kalbar Heronimus Hero, kepada Suara Pemred.

Alhasil, ucap dia, Kalbar khususnya daerah penghasil jeruk bisa panen setiap tahunnya, dan harganya pun lebih baik dibanding saat panen raya satu waktu saja.

"Itu sudah kita alami. Jadi sepanjang tahun bisa panen, dan harga bagus," katanya.

Dia menjelaskan, Distan-TPH Kalbar tidak mengawal harga komoditi di tingkat pasar, melainkan tugas pokoknya mengawal sisi produksi.

"Jadi, mekanisme pasar ini kan kita tidak bisa intervensi terlalu berlebih. Yang bisa ditentukan oleh pemerintah itu cuma beras. Kalau jeruk itu termasuk buah yang memang mekanisme pasar," terangnya. (umr)