Jika Ini Terjadi, Kampanye Paslon Pilkada Bisa Batal

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 147

Jika Ini Terjadi, Kampanye Paslon Pilkada Bisa Batal
RAKOR - Rakor 'Sinergitas Lintas Sektoral Menuju Pilkada Aman, Damai dan Bermartabat di Kalbar', Senin (13/11). (SP/aan)
PONTIANAK, SP – Ketua KPU Kalbar, Umi Rifdiyawati mengutarakan, pihak kepolisian dapat membatalkan kampanye pasangan calon kepala daerah dalam Pilkada nanti.

Hal ini disampaikannya saat kegiatan ‘Sinergitas Lintas Sektoral Menuju Pilkada Aman, Damai dan Bermartabat di Kalimantan Barat’, di Mapolda Kalbar, hari ini, Senin  (13/11).

“Jika dianggap suatu daerah tidak memungkinkan untuk dilakukan kampanye, atau ketika setelah melakukan kampanye, pihak kepolisian juga memiliki otoritas mengubah jalur kepulangan rombongan kampanye,” kata Umi.

Maka itu, menurut Umi , di sini perlu adanya koordinasi antara KPU, Bawaslu dan pihak kepolisian, dalam menangani persoalan itu. Terkait kerawanan Pilkada.

Pada kegiatan ini, pihak Bawaslu Kalbar juga menyampaikan terkait pengawasan dan pecegahan terhadap pelanggaran Pemilu. Yaitu dengan melakukan rakor pengawasan, pemetaan kerawanan pelanggaran, sosialisasi dan pengawasan partisipatif

"Satu hal yang masih menjadi perhatian kita bersama yaitu terkait pemutakhiran data pemilih yang akuntabel," kata Ketua Bawaslu Kalbar, Ruhermansyah. (aan)