Ini Waktu yang Dibutuhkan Panwaslu Selesaikan Pelanggaran Pilkada

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 145

Ini Waktu yang Dibutuhkan Panwaslu Selesaikan Pelanggaran Pilkada
MATERI - Divisi Penindakan Pelanggaran, Sri Eka Kurnia Putra menyampaikan materi Penindakan dan Pelanggaran Pemilu pada Rakor Pengawasan Partisipatif di Hotel Borneo, Rabu (15/11). (SP/Anugerah)
PONTIANAK, SP - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pontianak, kembali mengadakan Rakor Pengawas Pemilu Partisipatif bersama awak media, di Hotel Borneo, Jalan Merdeka Barat, Kota Pontianak, Rabu (15/11).

Dalam Rakor ini, materi pertama disampikan oleh Divisi Penindakan Pelanggaran, Sri Eka Kurnia Putra, dengan materi Prosedur Penanganan Pelanggaran Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Apabila dalam pelaksanaan proses pelaksanaan pemilu kepala daerah Kalbar 2018 terdapat pelanggaran atau sengketa, Panwaslu mempunyai hak untuk melakukan penyelesaian sengketa tersebut secara cepat.

“Batas waktu penanganan pelanggaran ada yang satu hari, ada yang empat hari ada yang 12 hari bahkan 24 jam. Kita dituntut untuk menyelesaikan pelanggaran atau sengketa secara cepat,” ujarnya.

Panwaslu juga mempunyai wewenang untuk menindak pelanggaran jika pelanggaran tersebut terjadi di area administratifnya. Walau calon atau pihak yang melanggar bukan merupakan calon dari wilayah tersebut.

“Yang boleh melapor itu warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih, pasangan calon dan tim pemenangan” katanya.
 
Sedangkan hari kerja dari Panwaslu yaitu berdasarkan hari kalender. Tidak berdasarkan hari kerja seperti pada ASN. (aan)