Ini Sosok Kapolda yang Baru, Putra Asli Kalbar

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 2519

Ini Sosok Kapolda yang Baru, Putra Asli Kalbar
Kapolda Kalbar yang baru, Brigjen Pol Didi Haryono. Didi adalah putra asli Kalbar. (ist)
PONTIANAK, SP – Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Erwin Triwanto akan diganti. Hal ini terungkap dari Telegram Rahasia (TR) Kapolri tertanggal 16 November 2017 yang beredar, Jumat (17/11).

Dalam TR tersebut, dinyatakan jika Erwin akan dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Akpol Lemdiklat Polri.

Sementara posisi Kapolda Kalbar, dalam telegram rahasia itu akan diisi oleh Brigjen Pol Didi Haryono, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kepulauan Riau (Kepri).

Nama Didi Haryono sebenarnya sudah tak asing. Perwira bintang satu ini adalah putra asli Kalbar."Beliau lahir di Kota Singkawang," kata Staf Ahli DPD RI Perwakilan Kalbar, Harry Daya, kemarin.

Dia pernah menjabat sebagai Kapolres Kapuas Hulu, dan terakhir menjabat sebagai Irwasda pada masa Kapolda Kalbar Irjen Pol Arif Sulistiyanto, sebelum dimutasi ke Kepri dengan jabatan Wakapolda.

Harry pun berharap Brigjen Pol Dedi Haryono dapat menjadi sosok pemimpin di Polda Kalbar yang dekat dengan masyarakat.

"Kita berharap beliau bisa mengikuti jejak seperti Kapolda Arief yang dekat dengan masyarakat, tapi tegas soal penegakan hukum," harapnya.

Kepala Bidang Humas Polda Kalbar, AKBP Nanang Purnomo saat dikonfirmasi soal pergantian pucuk pimpinan di Polda Kalbar ini mengatakan bahwa pihaknya juga baru mengetahui.

"Yang jelas TR Mutasi baru saja kita ketahui via media sosial. Namun belum ada disposisi untuk pelaksanaan kapan Sertijab tersebut. Meskipun ketentuannya paling lambat empat belas hari terhitung sejak ditetapkan TR Mutasi sudah melaksanakan tugas di tempat yang baru," katanya melalui pesan singkat Whatsapp, kemarin.

Selain itu, berdasarkan TR tersebut, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) juga melakukan perombakan dan rotasi jabatan Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) di sejumlah jajaran Kepolisian Daerah (Polda). (abd/ind)