Urusan Kepegawaian Tak Perlu ke Jakarta, di Pontianak Sudah Ada Ini

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 162

Urusan Kepegawaian Tak Perlu ke Jakarta, di Pontianak Sudah Ada Ini
UPT - UPT BKN Pontianak diresmikan, Senin (20/11). (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Jika selama ini urusan layanan kepegawaian Kalbar ditangani oleh Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta sebagai wilayah kerjanya, sekarang untuk mengurus itu tidak perlu lagi jauh-jauh ke ibu kota.

Pasalnya, di Kalbar baru saja diresmikan Unit Pelayanan Teknis (UPT) BKN Pontianak, Senin (20/11), yang berlokasi di Jalan Veteran Nomor 29, Kecamatan Pontianak Selatan, atau Gedung Korpri lama.

Kepala Biro Humas BKN, Muhammad Ridwan mengungkapkan, gagasan berdirinya UPT BKN Pontianak tertuang dalam perjanjian kerja sama antara BKN dan Pemprov Kalbar.

"Tentang pinjam barang milik Pemprov Kalbar yang dilakukan oleh Sekretaris Utama BKN dan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Kalbar, pada Kamis 20 Juli 2017," ujarnya.

Dia mengatakan, fungsi utama UPT ini menyediakan sarana pelaksanaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

"Seleksi dalam jabatan, pemetaan kompetensi, dan seleksi ujian ikatan dinas melalui Computer Assisted Test (CAT BKN)," jelasnya.

Diterangkannya, UPT BKN juga menyediakan fasilitas Assessment Center yang digunakan untuk mempermudah pelaksanaan penilaian kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Seperti Talent Pool jabatan pimpinan tinggi," katanya.

UPT BKN Pontianak merupakan salah satu dari 11 UPT BKN yang didirikan pada kurun waktu 2016-2017. Unit yang tersebar, khusunya UPT BKN Pontianak selain meningkatkan hubungan kelembagaan antara BKN dan Pemprov Kalbar, juga akan membantu pemerintah dalam mengawal penyelenggaraan kepegawaian di daerah.

"Khususnya dalam pembinaan teknis pengelolaan manajemen ASN di wilayah kerja Provinsi Kalbar," jelasnya.

UPT BKN Pontianak diresmikan langsung oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana, dan disaksikan oleh Wagub Kalbar Christiandy Sanjaya. (umr)


Komentar