Rumah Sakit Kubu Raya Segera Dibangun Awal 2018

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 740

Rumah Sakit Kubu Raya Segera Dibangun Awal 2018
Ilustrasi. Net
PONTIANAK, SP - Awal Tahun 2018 nanti, Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya berencana melaksanakan pembangunan rumah sakit. "Lokasinya di Rasau," kata Rusman Ali, Bupati Kubu Raya, Kamis (23/11).

Dia menjelaskan, alasan Pemda membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kubu Raya yang akhirnya tempatnya dipilih di daerah jalan Rasau Jaya. 

"Rasau ini pertengahan. Dan lokasi rumah sakit itu nantinya bisa diakses lewat air dan darat," katanya. 

Sumber anggaran pembangunan rumah sakit tersebut adalah berasal dari APBN. 

"Besar anggarannya Rp39 miliar, hampir empat puluh (Rp40 miliar). Mungkin dalam Januari sudah di lelang," jelasnya. 

Kepala Dinas Kesehatan, Berli menambahkan, luas lahan rumah sakit yang direncanakan akan dibangun di Rasau Jaya pada awal tahun 2018 nanti yakni sebesar 6,4 hektare. 

"Luas bangunannya sedang kita hitung persisnya berapa. Tetapi kurang lebihnya sesuai pagu anggaran yang diberikan, mungkin sekitar, 1800 meter persegi," jelasnya.

Mengenai kesiapan tenaga medis yang akan mengisi rumah sakit itu nanti, Berli mengatakan sejatinya tenaga medis memang telah disiapkan.

"Tenaga medis saat ini setengahnya sudah ada. Dalam bentuk tenaga honor. Tenaga Puskesmas yang sudah PNS, yang sebenarnya mereka sudah bekerja seharusnya bukan di Puskesmas lagi,” ujarnya.

Misalnnya analis Radiografi, kemudian perawat anastesi, kemudian ahli madia teknik elektromedik. “Itu sebenarnya bukan (tugasnya) di Puskesmas tetapi mereka haruanya ada di rumah sakit," katanya.

"Untuk dokter spesialis, kita juga sudah punya dua dokter spesialis gigi. Satu sekarang bertugas di Rumkit, dan satunya bertugas di Puskesmas Anbawang,” sebut dia.

Kemudian ada juga dokter spesialis kandungan yang saat ini bertugas di Puskesmas kakap dan Puskesmas Sungai Durian. “Bulan Juli 2018 nanti ada dokter ahli patoligi anatomi. Insyalalh sudah siap," tambahnya.

Jika proses pembangunan tidak ada hambatan dan berjalan lancar, maka direncanakan Rumah Sakit Kubu Raya akan beroperasi di akhir tahun 2018. "Perkiraan kami paling lambat oktober 2018 itu mudah-mudahan sudah operasional," pungkasnya. (abd/ang)