Perbaikan Syarat Dukungan, Kartius Optimis Lolos

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 140

Perbaikan Syarat Dukungan, Kartius Optimis Lolos
BERITA ACARA - Penyerahan berita acara hasil perhitungan syarat dukungan dari KPU ke Kartius, Minggu (26/11). (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Setelah dinyatakan belum memenuhi syarat dukungan minimal 300.883 dukungan, hasil perhitungan sebanyak 296.234, bakal calon (balon) gubernur dari jalur perseorangan Pilgub Kalbar 2018, Kartius, melengkapi kekurangan dengan menyerahkan 319.385 e-KTP ke Kantor KPU Kalbar, Minggu (26/11) sore.

Kartius optimis, pada perhitungan ulang hingga hari ini, Senin (27/11) sampai dengan besok, Selasa (28/11), dirinya yang berpasangan dengan Pensong, lolos dalam tahapan pemberkasan syarat dukungan.

"Saya rasa tidak ada masalah lagi. Saya berharap lolos tahapan ini. Kita sudah koreksi dan berhitung. Rasa-rasanya pasti masuk. Kan ndak mungkin, 16 ribu syarat tambahan yang kami masukkan salah semua," ujarnya kepada awak media di Kantor KPU Kalbar, Senin (27/11).

Dalam masa perbaikan, Kartius tidak mengalami banyak kesulitan. Sebab, untuk dukungan e-KTP, timnya mengumpulkan sekitar 500 ribuan dukungan dari 14 kabupaten/kota.

Ia mengaku, sengaja tidak menyerahkan semua dukungan saat penyerahan berkas. Salah satu tujuannya, memang sebagai persiapan ketika terjadi kekurangan syarat dalam verifikasi oleh KPU.

"Banyak dukungan kami. Cuma kan pakai strategi juga lah, kecamatan dan desa mana yang kami beri ke KPU. Karena pertimbangannya adalah verifikasi faktual yang menentukan," terangnya.

"Jadi, verifikator menilai masih ada yang belum jelas. Tapi udah kami selesaikan," pungkasnya. (umr)