Mahasiswa Tak Perlu Gamang Kuliah di Fisip Untan

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 449

Mahasiswa Tak Perlu Gamang Kuliah di Fisip Untan
TALKSHOW - Talkshow Menjadi Hebat dari Fisip untuk Kalimantan Barat, Selasa (28/11). (SP/balasa)
PONTIANAK, SP - Dalam rangka Diesnatalies Fisip Untan ke 52, gelar wicara dilangsungkan di Pontianak Convention Center (PCC) Pontianak, Selasa (28/11).

Dalam sambutannya, Dekan Fisip Untan, Sukamto mengungkapkan pada tahun 1981, hanya ada dua jurusan dengan dua program studi di Fisip Untan. Namun sekarang dua jurusan itu sudah beranak menjadi delapan progam studi.

Dua jurusan itu adalah Ilmu Administrasi dan Sosiologi. Jurusan Ilmu Administrasi kini membawahi lima progam studi, yakni ilmu administrasi negara, ilmu politik, hubungan internasional, ilmu komunikasi dan ilmu pemerintahan. Sementara jurusan sosiologi, membidangi prodi sosiologi, pembangunan sosial dan antropologi budaya.

"Tahun '81 angkatan saya hanya 112 orang. Perkembangan sekarang saya kalau di seleksi mandiri kadang bingung, minat cukup banyak, bahkan boleh dibilang daya tampung kita kewalahan," katanya.

Saat ini, peminat Fakultas Fisip setidaknya 1.200 orang per tahun. Kondisi ini menggambarkan bagaimana minat masyarakat terhadap Fisip Untan sangat signifikan.

"Dulu kita menjadi mahasiswa Fisip agak kecil hati, kurang pede, tapi perkembangan sekarang stigma itu dijawab dengan cerdas oleh para alumni dengan prestasi," ucapnya.

Para alumni Fisip banyak jadi pejabat di Kalimantan Barat. Sebut saja Bupati Sanggau Paulus Hadi, Wakil Bupati Sintang Askiman, Bupati Melawi Panji. Bahkan ada mantan Bupati Natuna yang juga alumni Fisip Untan.

"Artinya mahasiswa tidak perlu gamang, harus bangga, karena abang kalian multi talenta. Mampu berkiprah secara kedaerahan bahkan nasional," pungkasnya. (bls)

Komentar