NCW Ungkap Hasil Investigasi, Area Perkebunan PT SISU 2 Rambah Hutan Lindung

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 434

NCW Ungkap Hasil Investigasi, Area Perkebunan PT SISU 2 Rambah Hutan Lindung
JUMPA PERS - Koordinator NCW Investigator Kalbar, menggelar jumpa pers di kantornya, Selasa (28/11). (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Organisasi non pemerintah, Nusantara Corruption Watch (NCW) Investigator Kalbar, mengungkap hasil investigasi yang mereka lakukan terhadap dugaan perambahan hutan lindung di Dusun Lubuk Tengah, Desa Lubuk Sabuk, Kabupaten Sanggau, oleh PT Sepanjang Inti Surya Utama (SISU) 2.

Kepada sejumlah awak media saat ditemui di kantornya Jalan Parit H Husin 2, Pontianak, Selasa (28/11), Koordinator NCW Investigator, Ibrahim MYH mengatakan, pihaknya menemukan fakta-fakta berbeda kala meninjau langsung lokasi usaha kelapa sawit PT SISU 2.

Dari klaim perusahaan yang menyatakan tidak menjalankan aktivitas di hutan lindung, ternyata realitanya sebagian perkebunan berada di kawasan Gunung Nahi yang merupakan kawasan hutan lindung.

Ia menuturkan, di area kebun juga ditemukan patok dan sejumlah jalan blok kebun PT SISU 2.
Perambahan hutan lindung oleh PT SISU 2, semakin kuat dugaannya. NCW mendeteksi melalui GPS, ternyata  memang kebun berada di kawasan hutan lindung.

Investigasi NCW yang kedua kalinya ini, dilakukan lantaran adanya pengaduan dari warga setempat. Sebelumnya, warga didampingi NCW menggelar aksi di Gedung DPRD Kalbar.

Atas dugaan tersebut, NCW pun telah melaporkan hal ini ke lembaga terkait di daerah hingga pusat.
Warga dan NCW akan menempuh jalur hukum, baik pidana dan perdata. (umr)