Pilkada Kabupaten/Kota, Kubu Raya Paling Rawan

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 338

Pilkada Kabupaten/Kota, Kubu Raya Paling Rawan
JUMPA PERS - Ketua dan anggota Bawaslu Kalbar, Ruhermansyah (kiri) dan Mohammad, jumpa pers rilis IKP Bawaslu RI. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Jika berdasarkan Pilkada serempak 2018 kabupaten/kota di Kalbar, Bawaslu RI menilai Kubu Raya sebagai kabupaten yang diprediksi paling rawan. Indek Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkadanya, yaitu 2,12 dengan dimensi penyelenggaraan 1,82, kontestasi 2,43, dan partisipasi 2,06.

Namun, Ketua Bawaslu Kalbar Ruhermasyah menjelaskan, jika dilihat dari indeksnya yaitu 2,12, Kubu Raya masuk dalam potensi kerawanan sedang.

"Kalau di tingkat kabupaten, (Kubu Raya) ini yang pertama. Tapi secara pembobotan, masih masuk tingkat kerawanan sedang," ujarnya kepada awak media, Rabu (29/11).

"Kalau untuk Kota Pontianak, Kabupaten Kayong, Sanggau, dan Mempawah, itu kategori tidak rawan," imbuhnya.

Alasan Kubu Raya berada di bawah provinsi dalam potensi kerawanan Pilkada, lantaran dimensi kontestasinya dinilai masih rawan pada variabel kampanye berunsur SARA, adu domba, dan politik uang.

IKP Pilgub Kalbar, skornya 3,04. Kubu Raya 2,12, Sanggau 1,97, Pontianak 1,74, Kayong Utara 1,71, dan Mempawah 1,70. (umr)