Edi Klaim 85 Persen Jalan Kota Mantap

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 290

Edi Klaim 85 Persen Jalan Kota Mantap
Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengklaim 85 persen dari total 339 ruas jalan yang masuk dalam Surat Keputusan Wali Kota Pontianak, dalam kondisi mantap. Dari jumlah ruas jalan itu, panjangnya kurang lebih 360 kilometer.

"Kondisi jalan kita itu lebih 85 persen mantap," ucapnya, Minggu (3/12).

Menurutnya, sisa 15 persennya pun tak jelek-jelek benar. Masih dalam kondisi struktur  pondasi dan belum diaspal tapi sudah dicor. Ada juga jalan yang masih struktur tanah. Sebagian jalan itu ada di Pontianak Utara. Seperti Jalan Kebangkitan Nasional danJalan Flora.

"Target kita pengerjaan jalan ini berkelanjutan, 2019-2020 semua jalan di Kota Pontianak harus dalam kondisi  mantap. Karena memang biaya cukup  mahal untuk jalan, selain memantapkan yang baru, jalan lama juga harus  dipelihara," ujarnya.

Saat ini masih ada satu ruas jalan yang  masih lelang, karena anggarannya ada di perubahan anggaran. Ruas lain tinggal penyelesaian akhir. Termasuk jalan lingkungan yang dianggarkan tahun ini.

"Sekarang jalan yang reguler sudah lebih dari 80 persen untuk anggaran  2017. Ini waktu tinggal satu bulan, saya yakin dengan waktu yang ada akan selesai," ucapnya.

Selain fokus pada penataan dan pelebaran jalan, penataan u-turn dan peningkatan kualitas termasuk kelengkapan jalan, trotoar, PJU,  penghijauan dan sebagainya, termasuk ornamen sebagai penunjuk arah, akan dibenahi. Infrastruktur tempat umum pun tak ditinggal. Seperti taman dan fasilitas pendukung lainnya. (bls)